Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menggelar Sosialisasi Filateli kepada para pelajar di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Kota Samarinda, HM Faisal, Selasa mengatakan, sosialisasi Filateli tersebut digelar di MTsN Model Samarinda.

"Sosialisasi filateli tersebut sebagai tindak lanjut Surat Menteri Kominfo tahun 2014 mengenai dukungan kegiatan pengembangan perangko dan filateli nasional," ungkap Faisal.

"Tidak ada kata terlambat untuk memulai kembali mengaktifkan kegiatan filateli di Kota Samarinda. Kami percaya penggiat filateli masih tetap eksis di daerah ini," katanya.

Banyak manfaat menurut Faisal yang bisa diperoleh dari hobi filateli tersebut antara lain, menanamkan sikaf positif seperti ketekunan, kecermatan, ketelitian serta disiplin selain juga kebersihan.

"Ini merupakan sifat dasar yang positif bagi perkembangan generasi muda, bahkan kami sampaikan kepada para pelajar bagaimana hobi filateli tersebut bisa menghasilkan nilai tambah di sisi ekonomi para filatelis," ujar Faisal.

Sosialisasi filateli itu mengusung tema `Kembangkan Minat Filateli untuk Menciptakan Ekonomi Kreatif dan Kemandirian Generasi Muda` dengan menghadirkan menghadirkan dua orang narasumber yakni Kepala Kantor Pos Samarinda Kaspul Anwar dan dari Perkumpulan Filatelis Indonesia Agus Ekayanto S.Pfi.

Sementara, salah seorang filatelis Samarinda, Agus Ekayanto, mengatakan, mengoleksi prangko tidak hanya sekedar hobi tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang menguntungkan bagi filatelis.

"Saya memiliki beberapa koleksi lama, bahkan ada yang sudah terjual dengan harga lebih Rp5 juta serta beberapa koleksi lagi yang sudah ditawar dengan harga yang berlipat ganda dari modal awalnya," ungkap Agus Ekayanto.

Namun, ia mengaku tujuan awal bukan menjadi kolektor prangko tetapi lebih pada ketertarikan dan hobi di bidang filateli. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015