Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, bukan hanya dilakukan oleh pemerintah dan warga perkotaan, tetapi juga masyarakat di pinggiran kota turut memeriahkannya.

"Sesuai dengan arahan Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda, ditambah dukungan masyarakat, maka kami turut memeriahkan HUT RI. Inilah salah satu bentuk kami menghargai jasa-jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan," kata Ketua RT 04, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Supardi M di Samarinda, Senin.

Sejak awal Agustus, kata dia, di lingkungan RT tersebut telah dilakukan pemasangan umbul-umbul dan bendera merah putih. Untuk umbul-umbul dipasang pada tiang baik di pinggir gang maupun blok dengan jarak rata-rata 200 meter, sedangkan bendera Merah Putih dipasang di depan rumah warga masing-masing.

Bersamaan dengan pemasangan umbul-umbul, saat itu juga warga setempat melakukan kerja bakti guna membersihkan lingkungan setempat, seperti memotong dan mencabuti rumput di halaman rumah maupun di pinggir jalan, membersihkan parit, dan lainnya.

Sedangkan untuk menyemarakan suasana kemerdekaan, pihaknya bersama panitia yang dibentuk oleh masyarakat setempat, menggelar berbagai lomba baik untuk anak-anak, orang dewasa, hingga senam kesegaran jasmani untuk kaum perempuan dan anak-anak.

Berbagai jenis lomba yang digelar antara lain memasukkan pensil ke dalam botol, lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng dalam dengan sendok, tarik tambang, dan aneka lomba lain.

Berbagai lomba untuk anak-anak tersebut berhadiah keperluan sekolah seperti buku, penggaris, peraut pensil, penghapus dan lainnya sehingga anak-anak yang mendapat hadiah tersebut girang karena perlengkapan sekolahnya bertambah.

Untuk kegiatan senam pagi yang sudah digelar Minggu kemarin, tepatnya tanggal 16 Agustus, ratusan warga setempat mengikutinya. Senam yang mayoritas diikuti kaum perempuan dan anak-anak itu juga disediakan puluhan hadiah (door prize) melalui kupon yang dibagikan panitia.

Berbagai `door prize` itu antara lain kipas angin, rantang, mangkuk, piring, gelas dan sejumlah perlengkapan dapur sehingga kaum ibu yang mendapatkannya bersorak gembira karena mereka bisa mendapat perlengkapan dapur secara gratis.

"Tadi malam juga ada hiburan rakyat berupa elektone. Alhamdulillah acara malam tadi berjalan mulus tanpa ada kekacauan. Ini semua berkat kekompakkan warga. Saya juga berterimakasih kepada warga karena selalu menjaga iklim kondusif. Semua kegiatan ini bisa berjalan karena hasil swadaya warga RT 04," kata Supardi. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015