Bontang (ANTARA Kaltim) - Wakil Wali Kota Bontang Isro Umarghani mengikuti upacara dalam rangka HUT ke-54 Gerakan Pramuka bersama Gugusan Depan Yayasan Vidatra di Lapangan Town Center PT Badak LNG, Jumat (14/8).

Upacara yang diikuti para guru dan murid SD hingga SMA Vidatra itu mengambil tema "Pramuka Gugus Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter".

Dalam sambutannya, Wawali Isro Umarghani mengatakan bahwa Gerakan Pramuka adalah gerakan global yang mampu mengimbangi perkembangan teknologi dan zaman yang terus berkembang.

Bangsa Indonesia ditakutkan dengan kurangnya moral anak bangsa akibat perkembangan teknologi dan zaman, sehingga Gerakan Pramuka menjadi solusi bagi bangsa untuk tetap mengajarkan nilai-nilai luhur demi pengembangan karakter.

"Gerakan Pramuka bisa digunakan sebagai wadah bagi anak bangsa untuk bisa bertahan di tengah-tengah kemajuan tekhnologi," ujar Isro.
 
Isro juga menilai Gerakan Pramuka merupakan garda terdepan dalam meningkatkan kompetensi. "Terdapat dua macam kompetensi, 'soft competency' dan 'hard competency'. Soft competency meliputi karakter, nilai-nilai, konsep diri, dan motivasi. Kemudian hard competency meliputi pengetahuan dan skill," tambahnya.

Melalui Gerakan Pramuka, keterampilan dan pengetahuan bisa diasah. Soft competency sesuai dengan visi Kota Bontang yakni menciptakan masyarakat yang berbudi luhur dengan lima nilai, yaitu jujur, sabar, antusias, cinta, dan peduli.

"Gerakan Pramuka bisa menjadi wadah untuk pembentukan karakter-karakter tersebut. Pramuka bisa menjadi wahana penanaman nilai, karakter dan motivasi kita semua, ” jelas Isro.
 
Wawali menambahkan Gerakan Pramuka adalah salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia. Sebagai pilar pendidikan, Pramuka merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan dirinya, meliputi aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

Isro meyakini bahwa anak bangsa yang mengikuti Gerakan Pramuka bisa mendapat nilai-nilai yang bisa bermanfaat bagi hidupnya, demi masa depan yang lebih baik.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Gudep Vidatra, Agus Hermanto mengatakan Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang bersifat global, progresif dinamis dan praktis, yang tugas pokoknya mendidik generasi muda penerus bangsa agar berkarakter mulia, berkecakapan hidup, patriotik, dan berwawasan global, seperti yang dituangkan dalam Trisatya dan Dasadarma Gerakan Pramuka.

"Sebagai solusi bagi permasalahan anak muda, perbanyak kegiatan Pramuka dengan kegiatan-kegiatan yang atraktif, menantang, digemari, sehat, terarah, teratur dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan mengacu pada Trisatya dan Dasadarma Gerakan Pramuka," katanya. (Adv/Hms/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015