Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pelepasan 1.000 lampion akan mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun 2015, kata Sekretaris Kota Samarinda, Zulfakar Noor.

"Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 akan dimeriahkan pelepasan lebih 1.000 lampion warna merah putih yang akan diiringi lagu perjuangan bersama Virzha, jebolan kontes pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta, sehingga akan terbalut suasana patriotik," ungkap Zulfakar Noor, Rabu.

Pada HUT Kemerdekaan RI tersebut, kata Zulfakar Noor, juga akan dilaksanakan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya kepada pegawai Pemkot Samarinda dengan masa kerja mulai dari 10 hingga 30 tahun kemudian dirangkai acara halal bi halal di gedung Serba Guna GOR Madya Sempaja.

"Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 itu juga akan diberikan penganugerahan Satya Lencana Karya Satya kepada para pegawai di lingkup Pemkot Samarinda pada Sabtu (15/8), kemudian pada malam harinya dilaksanakan pelepasan lebih 1.000 lampion berwarna merah putih," kata Zulfakar Noor yang juga Ketua Panitia Bersama Pelaksana Peringatan HUT RI ke-70 Kota Samarinda.

Pawai Pembangun dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-70, lanjut Zulfakar Noor, tetap akan dilaksanakan tahun ini (2015).

"Pawai Pembangunan akan dilaksanakan pada Selasa (18/8) karena sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kota Samarinda, bahkan acara ini selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat," ujar Zulfakar Noor.

Pada acara inti peringatan HUT Kemerdekaan RI, lanjut dia, juga dilaksanakan seperti tahun sebelumnya yakni apel gabungan dengan Provinsi Kaltim diantaranya apel kehormatan dan renungan suci yang akan digelar mulai Minggu (16/8) malam di Taman Makam Pahlawan.

"Pada Minggu pagi (16/8) juga akan dilaksanakan penyerahan remisi kepada narapidana yang berlangsung di Lapas Narkotika Samarinda," katanya.

"Sedangkan, upacara detik-detik proklamasi serta penurunan bendera tepat pada 17 Agustus nanti, akan dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja bersama Provinsi Kaltim, Kemudian pada malam harinya digelar resepsi peringatan HUT RI yang dilaksanakan di Pendopo Lamin Etam, Kantor Gubernur Kaltim," ungkap Zulfakar Noor.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015