Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Rizal Effendi dan Rahmad Masud untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 9 Desember 2015.

"Saya hari ini sudah mendapat kabar dari Pak Rahmad terkait dukungan Partai Demokrat dan telah mengambil surat dukungannya ke Jakarta," kata Rizal ketika ditemui di Balikpapan, Rabu.

Saat ini, sudah ada tiga partai politik yang mengusung pasangan Rizal-Rahmad, masing-masing Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrat.

"Rencananya deklarasi pencalonan digelar pada tanggal 25 Juli. mengenai tempat deklarasi masih dirapatkan dulu," kata Rizal.

Dia mengatakan Partai Demokrat mencari ruang untuk orang di luar kadernya dan dirinya juga telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan Partai Demokrat.

Rizal Effendi saat ini masih menjabat Wali Kota Balikpapan, sedangkan Rahmad Masud yang menjadi pendampingnya adalah salah satu pengusaha muda yang cukup sukses di Kota Balikpapan.

Sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, pendaftaran calon peserta pilkada serentak tahap pertama dari unsur parpol dilaksanakan pada 26-28 Juli 2015. Sementara pendaftaran peserta jalur perseorangan sudah dilakukan pada pertengahan Juni lalu.

"Rencananya pada tanggal 26 Juli mendatang kami mendaftar ke KPU Kota Balikpapan," tambah Rizal.

Kota Balikpapan menjadi satu dari sembilan daerah di Provinsi Kaltim yang menggelar pilkada serentak tahap pertama pada 9 Desember 2015.

Adapun delapan daerah lainnya adalah Kota Samarinda dan Bontang, Kabupaten Paser, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, dan daerah otonom baru Kabupaten Mahakam Ulu.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015