Sangatta (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, memberangkatkan sebanyak 133 orang calon haji melalui embarkasi Balikpapan pada pelaksanaan ibadah haji 2015.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur Fahmi Rasyad saat dihubungi di Sangatta, Kutai Timur, Selasa, mengatakan jumlah jamaah yang berangkat ke Tanah Suci tersebut tidak jauh berbeda dari musim haji 2014, sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah.

"Tahun ini ada 133 calon haji yang berangkat dan satu petugas pendamping. Sedangkan pada 2014, calon haji yang berangkat sebanyak 132 orang ditambah dua petugas pendamping. Kalau secara keseluruhan jumlahnya sama 134 orang," katanya.

Sejak Senin (8/6), lanjut Fahmi, seluruh calon haji dari Kutai Timur mulai mengikuti pembekalan atau manasik haji hingga menjelang waktu keberangkatan.

Sebelumnya, seluruh jamaah haji Kutai Timur juga telah menyelesaikan pembuatan paspor dan persyaratan administrasi lainnya.

"Kegiatan manasik haji dipusatkan di Masjid Agung Bukit Pelangi, Sangatta. Kami berharap seluruh calon haji terus mengikuti pembekalan agar pelaksanaan ibadahnya lancar," tambahnya.

Terkait jadwal keberangkatan dan pembagian kelompok terbang, Fahmi mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu pemberitahuan resmi dari pemerintah dan kemungkinan diterbitkan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Rencananya keberangkatan jamaah haji terbagi menjadi dua gelombang yakni pertama pada 21 Agustus hingga 3 September dan kedua pada 4-17 September 2015.

Pada pelaksanaan ibadah haji 2015, jumlah calon haji asal Kaltim dan Kalimantan Utara (provinsi baru hasil pemekaran Kaltim) sekitar 2.256 orang. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015