Samarinda  (ANTARA Kaltim) -  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  asal Provinsi Kaltim  dan Kaltara Ir Bambang Susilo  memberikan dukungan terhadap program-program BKKBN  dan dukungan secara politik akan   disampaikan ditingkat nasional.

“Program-program BKKBN cukup bagus, sehingga perlu mendapat dukungan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan kabupaten /kota,” katanya  saat mendampingi Duta Mahasiswa  Genre  dari Kabupaten Paser  melakukan pertemuan dengan Kepala BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur di Samarinda, Rabu (13/5).

Ia mengatakan salah satu program BKKBN  terkait dengan para remaja adalah program Generasi Berencana (Genre) yakni  telah digelar  lomba pemilihan Duta Mahasiswa Genre beberapa waktu lalu .   Pesertra lomba dari Kabupaten Paser  terpilih  sebagai juara I yang nantinya akan mewakili Kaltim ditingkat nasional.

Menurutnya  dalam hal ini  ada hal yang lebih penting ,  bukan masalah juara atau tidak juara tetapi  bagaimana  para Duta Mahasiswa  Genre  mampu  mengaplikasikan  memberikan contoh kepada  para remaja lainnya mampu menjadi  remaja yang berkualitas dan  berencana.

“Segala sesuatu  tidak  didesign  dan direncanakan  dengan baik  maka  nantinya akan menjadi masalah, contohnya   jika para remaja  kita  terjerumus   Narkoba  maka kehidupannya akan hancur , apalagi Provinsi Kaltim termasuk  peringkat  ketiga   secara nasional  dalam   penyalahgunaan  Narkoba,” katanya.

Bambang Susilo menmbahkan meskipun Provinsi Kaltim memiliki kekayaan Sumber Daya Alam  (SDA) yang melimpah, jika tidak diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) maka akan berdampak buruk. Seharusnya antara SDA dan SDM bersinergi dengan baik.

“Jadi  pembinaan yang dilakukan  BKKBN  mulai dari Kabupaten/kota , Provinsi maupun nasional harus mendapat dukungan.  Bukti dukungan saya  nantinya secara politik, pada pertemuan-pertemuan tingkat nasional   bisa mendorong agar  kegiatan BKKBN mendapat dukungan dana yang bagus,” katanya.

Terkait pembinaan terhadap remaja yang dilakukan BKKBN Kaltim Bambang Susilo berharap dalam waktu dekat di Kabupaten Paser akan menjadi contoh atau pioner  di Kaltim  dan Kaltara  daerah yang Zero Narkoba.
Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur mengatakan sangat mengapresiasi kedatangan dan dukungan anggota DPD RI Bambang Susilo terhadap BKKBN Kaltim.

“Sebenarnya banyak kegiatan  terdapat  pada program Genre  yang  bertujuan agar para remaja terhindar dari Triad atau  tiga persoalan remaja  yakni Seks bebas, Narkoba dan HIV/AIDS,” katanya.

 Dikataknnya  dari jumlah penduduk Kaltim  dan Kaltara sekitar empat juta jiwa, maka hampir  satu juta jiwa  di antaranya adalah para remaja, sehingga mereka perlu mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi melalui kegiatan-kegiatan Genre.

Yenrizal Makmur menjelaskan Provinsi Kaltim secara nasional Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya  masih tertinggal dari daerah lain, apalagi dibanding negara tetangga Malaysia. Terutama  tertinggal pada  segi pendidikan atau SDM.

Diharapkan para remaja di Kaltim  tumbuh dan berkembang menjadi remaja yang sehat, bersih berencana dan berkualitas.

“Untuk itu kami sangat berharap dukungan dari   DPD  RI terhadap program Kependudukan   KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ,  terutama komitmenmya  dengan kepala daerah . Selain itu dukungan finansial  kepada  SKPD  KB yang ada di kabupaten dan kota  supaya kader-kader yang ada  dilini  lapangan  diberikan  reword  sehingga termotivasi dan bekerja lebih baik lagi,” kata Yenrizal Makmur.(*)

Pewarta: rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015