Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kalimantan Timur (Kaltim), Fuad Asaddin mengatakan peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian diharapkan dapat mewujudkan percepatan kemandirian dan ketahanan pangan daerah.

Namun pelaku utama baik petani maupun nelayan diingatkan harus mampu menguasai teknologi pertanian.

"Pada 2017 kita sudah harus swasembada pangan nasional dan target Kaltim di 2018 juga harus terwujud. Karenanya, pelaku utama harus mampu menguasai teknologi pertanian," kata Fuad.

Menurut dia, Kaltim termasuk salah satu daerah yang diharapkan mampu menjadi lumbung pangan nasional. Tentu hal itu sesuai dengan potensi sumber daya lahan dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki daerah.

"Program pembangunan Kaltim menempatkan pertanian dalam arti luas sebagai pembangunan prioritas. Selain sebagai upaya mengurangi kemiskinan dan angka pengangguran, seiring terbukanya peluang, pembangunan pertanian dalam arti luas juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Fuad.

Selain itu, sektor pertanian dalam arti luas ditetapkan menjadi lokomotif ekonomi Kaltim masa mendatang. Pertanian itu meliputi subsektor pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan dan keluatan serta perkebunan dan kehutanan, katanya.

"Masing-masing subsektor memerlukan ketersediaan SDM pelaku utama yang memadai agar kegiatan usaha pertanian meningkat produksinya, juga tinggi tingkat produktivitasnya," kata Fuad.

Dia menyebutkan jumlah pelaku utama di sektor pertanian hingga akhir 2014 terdapat di masing-masing subsektor yakni pertanian tanaman pangan sebanyak 112.274 petani dan hortikultura 82.167 petani.

Subsektor perkebunan sekitar 123.431 petani dan subsektor peternakan mencapai 5.514 peternak. Sedangkan usaha perikanan baik budidaya maupun tangkap sebesar 43.481 nelayan dan subsektor kehutanan sebanyak 18.391 petani, katanya.

"Kita terus berupaya melakukan upaya khusus dalam kegiatan pertanian agar tercapai percepatan mandiri dalam ketersediaan pangan di Kaltim, sehingga berkontribusi dalam kemandirian dan ketahanan pangan nasional," kata Fuad.    (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015