Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda mendukung program Bank Kaltim untuk mengembangkan usaha mikro dalam berbagai sektor, baik pertanian, perkebunan, perikanan, dann kerajinan.

"Program pengembangan usaha mikro dalam berbagai sektor, baik pertanian, perkebunan, perikanan maupun kerajinan yang saat ini dilakukan Bank Kaltim, sejalan dengan program pemerintah dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat," ungkap Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail saat menerima Pemimpin Cabang Utama Bank Kaltim Samarinda, Kosasi Sabran, Kamis.

Untuk itu ia memberikan apresiasi serta menyambut baik program pihak perbankan dalam mendukung pengembangan usaha UMKM di Samarinda.

"Karena dalam mewujudkan tujuan ini, salah satu strategi yang akan dilakukan pemerintah kedepan adalah dengan memberikan bantuan dalam wujud lain yaitu, pembangunan sarana dan prasarana jalan, jembatan, air hingga pupuk dan lain sebagainya," kata Nusyirwan Ismail.

Melalui bantuan tersebut tambah Nusyirwan Ismail, diharapkan akan lebih mempermudah akses masyarakat khususnya kelompok tani, perkebunan maupun peternakan dan nelayan dalam penyaluran hasil produksi.

Sementara, bantuan pemerintah dalam pola lama berupa modal bergulir dikatakannya sudah tidak efektif, sehingga akan lebih tepat dalam segi permodalan itu dikelola secara spesifik oleh pihak perbankan .

Tidak hanya itu, dalam upaya memajukan usaha mikro ini Nusyirwan Ismail menambahkan, pemerintah akan memberi kemudahan dari sisi perizinan yang nanti akan dikeluarkan oleh pihak Kecamatan.

"Peraturan wali kotanya tengah kami susun saat ini," ujarnya.

Sementara, Pemimpin Cabang Utama Bank Kaltim Samarinda, Kosasi Sabran mengatakan, saat ini pihaknya tengah menuju seperti apa yang telah dimaksudkan oleh Wakil Wali Kota Samarinda.

Di Bank Kaltim pihaknya telah menyediakan pojok UMKM yang diperuntukan bagi para pengusaha kecil untuk melakukan komunikasi dan konsultasi baik mengenai masalah permodalan dan lain sebagainya.

"Kami berharap pemerintah bisa mendukung untuk menyosialisasikan program tersebut kepada masyarakat," harap Kosasi Sabran.

Sebelumnya, Kosasi Sabran juga melakukan audiensi dengan Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang dan memperkenalkan cenderamata khusus yang akan menjadi buah tangan kepada tamu maupun relasi Bank Kaltim.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bank Kaltim, termasuk cenderamata bermuatan lokal. Sekarang saya juga sedang mempromosikan batu akil lokal Kaltim, dimana sebelumnya juga sukses memperkenalkan Sarung Samarinda yang mendapat dukungan teman-teman perbankan, termasuk Bank Kaltim," ujar Syaharie Jaang.   (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015