Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara, menggelar rapat koordinasi aparatur untuk memantapkan sinergi dalam rangka menyukseskan pemilihan kepala daerah.

Kepala Badan Kesbangpolmas Kutai Kartanegara H Fatekur Rochman di Tenggarong, Senin, mengatakan kegiatan itu untuk membangun dan memantapkan sinergi yang berjenjang antara aparatur pada tingkat kabupaten/kota, pemerintah kecamatan sampai desa/kelurahan, untuk susksesnya pemilihan kepala daerah.

Kegiatan tersebut diikuti aparatur kecamatan, desa/kelurahan, Badan Perwakilan Desa (BPD) serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dari tiga kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara yakni, Kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Kecamatan Sangasanga.

"Kami berharap, kegitan ini bisa mendorong peran aktif aparatur dalam ikut mensukseskan pemilihan umum kepala daerah Kutai Kartanegara 2015," ungkap Fatekur Rochman.

Rakor serupa juga akan dilaksanakan untuk seluruh aparatur desa/kelurahan dan kecamatan se-Kutai Kartanegara.

Pada rakor tersebut, para peserta diberi materi Peran Pemerintah Daerah Dalam Pikada, Peran Kepolisian dalam Pilkada, serta Penyelenggaraan Pilkada Kutai Kartanegara 2015.

Sementara, narasumber pada rakor aparat tersebut yakni Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron Yusuf, dari Polres serta dari Komisi Pemilihan Umum setempat.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara HM Ghufron saat membuka acara itu berharap agar rakor tersebut dapat membentuk persamaan persepsi dalam penyelengaraan pemilihan kepala daerah.

"Rakor ini dilaksanakan untuk membangun koordinasi, menyamakan persepsi dan komitmen aparat agarpPilkada aman, damai, demokratis dan anti penyimpangan," ujar Ghufron.

Ia menghimbau agar semua aparatur berkomitmen untuk memprioritaskan mensukseskanpemilihan kepala daerah, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya.

"Para Camat, Kepala Desa atau lurah dan tokoh masyarakat saya harap terus mengantisipasi gesekan gesekan yang bisa mengancam kemanan, jaga situasi tetap kondusif," ungkap Ghufron.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015