Penajam (ANTARA Kaltim) - Realisasi pajak daerah hingga pertengahan Desember 2014, sudah mencapai 94,47 persen dari total target Rp8,541 miliar, kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Penajam Paser Utara, Tur Wahyu Sutrisno, Kamis.

Secara rinci lanjut Tur Wahyu Sutrisno, Pendapatan Asli daerah (PAD) dari sektor retribusi daerah hingga saat ini, terealisasi 92,10 persen dari target Rp2,997 miliar dan sektor hasil pengelolaan kekayaan daerah baru menyumbang Rp5,261 miliar dari target yang ditetapkan Rp12,500 miliar.

Sedangkan pendapatan dari pajak yang melampaui target tambah Tur Wahyu Sutrisno yakni pajak reklame yang mencapai 104,28 persen, pajak penerangan jalan 121 persen dan pajak bumi dan bangunan (PBB) sektor P2 sebesar 120,19 persen .

"Kami akan terus menggenjot PAD dari berbagai sektor sampai akhir tahun anggaran 2014, sehingga pandapatan yang dikumpulkan minimal dapat mendekati target yang sudah ditetapkan," kata Tur Wahyu Sutrisno.

Namun, untuk pajak dari sektor mineral bukan logam dan batuan serta pengelolaan sarang burung walet kata Tur Wahyu Sutrisno realisasinya baru mencapai 50 persen dari target yang ditetapkan.

"Ketiga sektor tersebut, menjadi perhatian kami (Dispenda). kami akan terus melakukan sosialisasi pajak daerah agar masyarakat dan `stakeholder' atau pemangku kebijakan yang ada bisa terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah ini," kata Tur Wahyu Sutrisno.

Dengan terkumpulnya pajak daerah dari berbagai sektor hingga pertengahan Desember 2014, tambah Tur Wahyu, realisasi PAD Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 65,59 persen.

"Diharapkan hingga akhir tahun realisasi PAD 100 persen atau minimal mendekati target," harap Tur Wahyu Sutrisno.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014