Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) sedang fokus melakukan pembinaan terhadap para atlet muda untuk disiapkan dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang akan berlangsung 2025.

“Supaya mencapai prestasi dalam Popnas tahun depan, maka para atlet muda Kaltim harus melalui tahapan seleksi ketat dalam ajang Pra-Popnas yang akan digelar tahun ini,” kata Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Sabtu.

Ia menyatakan bahwa Dispora Kaltim telah menggelar serangkaian kejuaraan antar-pelajar se-Kaltim melalui turnamen Piala Gubernur, tujuannya adalah untuk mempersiapkan atlet-atlet pelajar terbaik sebelum masuk Pra-Popnas, 

Dalam turnamen ini, katanya, dua cabang olahraga yakni pencak silat dan bola basket telah menjadi ajang pembuka dalam seleksi. Kegiatan ini bertujuan mengasah kemampuan para pelajar sekaligus mempersiapkan mereka untuk ajang pra-Popnas Zona IV di Kendari mendatang.

Rasman berharap, dari turnamen semacam ini, akan lahir atlet-atlet yang tidak hanya berprestasi di ajang Popnas, tetapi juga di PON 2028 yang rencananya akan digelar di dua provinsi, yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

"Kami tentu berharap dari sejumlah turnamen yang telah maupun yang akan digelar tahun ini, akan ada atlet pelajar yang dapat membela Kaltim di PON 2028 nanti, bahkan sampai kejuaraan tingkat yang lebih tinggi lagi," kata Rasman.

Selain untuk mengembangkan talenta pelajar, Dispora Kaltim juga berharap turnamen ini dapat menyiapkan atlet-atlet terbaik yang siap berkompetisi di level yang lebih tinggi karena Popnas, PON dan lainnya merupakan kegiatan antara, untuk menuju laga di tingkat Asia maupun dunia. 

Ia juga menekankan bahwa laga ini merupakan bagian dari pembinaan berkelanjutan agar atlet-atlet muda Kaltim dapat mengharumkan nama daerahnya di masa depan. (Adv) 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024