Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus berupaya meningkatkan talenta para atlet dengan memperbanyak kejuaraan, karena dengan seringnya atlet mengikuti pertandingan, maka keterampilan dan mental akan terbentuk lebih kuat.

“Selain melakukan pembinaan dan pendampingan yang kerap dilakukan baik oleh dinas di provinsi, kabupaten/kota, dan klub masing-masing, kejuaraan juga merupakan hal penting untuk mengasah kemampuan,” kata Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim AA Bagus Saputra Sugiarta di Samarinda, Jumat.

Salah satu laga yang digelar oleh Dispora Kaltim pada pekan pertama Oktober ini adalah kejuaraan karate dan pencak silat tingkat pelajar se- Kaltim, yakni digelar di Gedung Pencak Silat dan Dojang Taekwondo, Polder Air Hitam, Samarinda.

Dalam kejuaraan ini terdapat ribuan atlet dari berbagai kabupaten dan kota di Kaltim yang bersaing selama lima hari, yakni pada 2 Oktober hingga 6 Oktober.

Dalam ajang tersebut, sebanyak 2.000 atlet karate yang didampingi oleh 100 pelatih ambil bagian. Sedangkan dari cabang olahraga pencak silat, tercatat ada 350 atlet dan lima pelatih yang turut bertanding.

Bagus Saputra Sugiarta memastikan bahwa kejuaraan ini adalah langkah awal regenerasi atlet berprestasi di Kaltim, sehingga dalam beberapa tahun ke depan para atlet Kaltim lebih matang dalam menghadapi beragam pertandingan.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran adik-adik semua. Melalui kejuaraan ini, kita berharap mampu membina atlet pelajar secara berkesinambungan,” ujar Bagus.

Bagus juga menekankan, pengalaman dari setiap pertandingan sangat penting bagi pengembangan mental dan kemampuan bertanding para atlet muda.

"Semakin sering bertanding, semakin matang mental mereka. Harapannya, kelak mereka dapat membanggakan nama Kaltim di even nasional maupun internasional," jelasnya.

Selain mengejar prestasi, Bagus mengingatkan para peserta untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan kebersamaan.

“Menang bukanlah satu-satunya tujuan. Kejuaraan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi ribuan peserta dari seluruh penjuru Kaltim,” tambahnya. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024