Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur Ahmad Firdaus Kurniawan mengajak para pemuda untuk aktif mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 agar berjalan menyejukkan.
 
"Harapan kami para pemuda bisa mempersiapkan diri menjadi generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet pembangunan di Indonesia. Sedari kini perlunya mengajak partisipasi mereka dalam mengampanyekan pilkada secara damai," ujar Firdaus di Samarinda, Senin.

Menurut dia, pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya peran pemuda dalam politik perlu ditanamkan. Generasi muda harus mempersiapkan diri untuk menjadi penerus yang akan membangun Indonesia ke depan. "Terlebih, kita punya misi Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Firdaus juga menyoroti tiga syarat utama kesuksesan Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045. Pertama, pertumbuhan ekonomi yang mapan dengan nilai di atas 6-8 persen. Kedua, transformasi kepemimpinan nasional yang berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

"Kemudian ketiga, kesiapan sumber daya manusia, khususnya generasi muda, yang memiliki bekal cukup untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," lanjutnya.

Untuk mempersiapkan generasi muda, pemerintah memiliki program-program pendidikan politisesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2010. Pemerintah mempunyai program-program untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang hak dan kewajiban mereka dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
 
"Bukan hanya dalam politik praktis, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari," jelas Firdaus.Program-program tersebut meliputi dialog di tempat-tempat seperti kafe, podcast, kompetisi video konten, debat mahasiswa, dan debat siswa terkait

Pilkada. Kesbangpol Kaltim juga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan generasi muda, seperti konten-konten di TikTok dan Instagram terkait pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi pemuda dalam Pilkada," tambahnya.

Selain itu, Kesbangpol Kaltim juga berencana melaksanakan kegiatan semacam Putra-Putri Demokrasi, di mana para pemuda diharapkan dapat menyuarakan terkait pelaksanaan Pilkada 2024.

 
"Kami ingin para pemuda ikut berpartisipasi aktif dalam mengawal pelaksanaan Pilkada serentak di 2024," ujar Firdaus.

Ia juga mengajak para pemuda untuk memberikan sumbangsih ide-ide kreatif dalam program-program pemerintah. Pihaknya membangun berkolaborasi dengan para pemuda agar minat mereka tumbuh untuk ikut secara aktif dalam mengawal pelaksanaan Pilkada.

 
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024