Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Timur meminta para perajin menampilkan karya terbaik dalam ajang Dekranasda Kaltim Award 2024.

"Kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada para perajin yang telah berkontribusi melestarikan dan mengembangkan warisan budaya melalui kerajinan khas daerah," kata Penjabat Ketua Dekranasda Kaltim Yulia Zubir Akmal di Samarinda, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa Dekranasda Kaltim Award 2024 mengangkat tema Penghargaan Untuk Produk dan Budaya Daerah.

Ajang tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kerajinan berbahan serat yang meliputi rotan, bambu, pandan, rumput, doyo dan serat alam lainnya.

Kategori kedua adalah kerajinan berbahan kayu dengan ukuran produk maksimal 40x40x40 sentimeter, dan kategori ketiga adalah batik motif khas Kaltim dengan panjang minimal satu meter.

"Dekranasda Kaltim Award 2024 merupakan wadah bagi para perajin di Kaltim untuk menunjukkan kreativitas dan keunggulan produk kerajinan mereka," ujar Yulia.

Ia menambahkan, kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi inovasi, keunggulan produk, keramahan lingkungan, keaslian, daya jual, dan tanggung jawab sosial.

Pendaftaran dan pengiriman karya dibuka mulai 1 Oktober hingga 15 November 2024. Proses penilaian dilakukan pada 17-18 November 2024 dan pengumuman pemenang pada 20 November 2024.

Peserta lomba dapat berasal dari perorangan atau kelompok usaha binaan Dekranasda Kabupaten/Kota, maupun peserta umum yang berdomisili di Provinsi Kalimantan Timur, dibuktikan dengan e-KTP. Produk yang dilombakan merupakan hasil karya sendiri/kelompok dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba serupa.

"Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal tiga produk untuk setiap kategori," sebutnya.

Dekranasda Kaltim telah menyiapkan total hadiah mencapai Rp22,5 juta bagi para pemenang. Juara I akan mendapatkan Rp7.000.000, juara II sebesar Rp5.000.000, dan juara III sebesar Rp3.000.000. Tersedia pula hadiah untuk juara harapan I sebesar Rp2.000.000, juara harapan II sebesar Rp1.500.000, dan juara harapan III sebesar Rp1.000.000.

Yulia mengajak seluruh perajin di Kaltim untuk berpartisipasi dalam ajang Dekranasda Kaltim Award 2024.

"Ini kesempatan emas bagi perajin untuk mendapatkan pengakuan atas karya mereka, sekaligus mempromosikan produk kerajinan khas Kaltim ke pasar yang lebih luas," demikian Yulia.

Pengiriman produk dapat dilakukan ke Sekretariat Dekranasda Provinsi Kaltim, di Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Jalan MT Haryono, Samarinda.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024