Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyebut desain interior Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara yang di bangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, seperti hotel bintang lima.

"Tadi saya di dalam melihat RS Hermina ini memang memiliki desain, memiliki interior yang beda dari rumah sakit yang pernah saya lihat, seperti hotel bintang lima," kata Presiden Jokowi saat meresmikan rumah sakit tersebut, Jumat (11/10).

Peresmian RS Hermina itu ditandai penekanan tombol sirene oleh Presiden Jokowi dan dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan bertinta emas di prasasti RS Hermina Nusantara.

Jokowi mengatakan bahwa rumah sakit Hermina dibangun dalam waktu 10 bulan dan sekarang bisa operasional, menerima pasien juga sudah siap, di dalam tadi sudah ada tiga pasien yang dirawat.

Cepatnya pembangunan itu, kata Jokowi memberikan kepercayaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang segera dipindahkan ke IKN.

"Apartemen sudah siap, kantornya sedikit lagi dan pada  November nanti sudah siap,"  ucapnya.

Lanjutnya, sehingga begitu nanti pindah dari Jakarta ke IKN, fasilitas yang biasa mereka tanyakan, Pak kalau anak-anak kami sakit, ada rumah sakitnya, saya sekarang bisa jawab ada yaitu RS Hermina Nusantara.

Ujar Jokowi yang kerap menjadi pertanyaan berikutnya adalah sekolah, maka ia menegaskan pembangunan fasilitas sekolah itu perlu dipercepat.

"Sehingga fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan itu ada di IKN," tuturnya.

Sekadar diketahui bahwa rumah sakit tersebut berada di pinggir jalan sebelum masuk ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Rumah sakit itu memiliki desain modern dan elegan.

Bila masuk ke dalam lobi, jamuan meja resepsionis seperti lobi hotel berbintang lima. RS itu memiliki delapan lantai yang berdiri di atas lahan seluas 20.718 meter persegi.


 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024