Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, memeriksa kesehatan pasangan bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah yang akrab disapa Benuo Taka itu pada 30 Agustus sampai 2 September 2024.

"Kami sudah jadwalkan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, 30-31 Agustus 2024 dan 1-2 September 2024," ujar Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Ali Yamin Ishak di Penajam, Rabu.

Pemeriksaan kesehatan pada 30-31 Agustus 2024, lanjut dia, ditetapkan untuk pasangan bakal calon peserta pilkada yang mendaftar pertama dan kedua dengan berkas administrasi dinyatakan lengkap.

Kemudian, pemeriksaan kesehatan pada 1-2 September 2024 diagendakan untuk pasangan bakal calon peserta pilkada mendaftar ketiga dan keempat yang berkas administrasi dinyatakan lengkap.

Ali mengatakan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Kabupaten Penajam Paser Utara Mudyat Noor-Waris Muin merupakan pasangan pendaftar pertama akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 30-31 Agustus 2024.

Baca juga: Berkas lengkap empat bakal paslon Pilkada Penajam periksa kesehatan

"Pasangan bakal calon peserta pilkada pertama yang daftar pada Rabu (28/8) yakni Mudyat Noor-Waris Muin," katanya.

Setelah melakukan penelitian administrasi dan dinyatakan berkas lengkap, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara memberikan surat keterangan kepada pasangan bakal calon peserta pilkada tersebut untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Kanujoso Djatiwibowo, rumah sakit kelas A milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang berlokasi di Kota Balikpapan.

RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo, lanjut Ali, menyiapkan tim dokter spesialis dan tim dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba pasangan bakal calon peserta pilkada.

Pemeriksaan kesehatan tersebut sebagai salah satu syarat bagi pasangan bakal calon peserta pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dijadwalkan Kamis (29/8) pasangan bakal cabup-cawabup Kabupaten Penajam Lainnya, yakni Andi Harahap-Dayang Donna Faroek, Hamdan Pongrewa-Ahmad Basir dan Desmon Hariman Sormin-Naspi Arsyad, demikian Ali Yamin Ishak.

Baca juga: Panwascam Penajam "go to school" tingkatkan partisipasi pemilih

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024