Sedikitnya 125 polisi dari Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, disiagakan menjaga Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah yang dikenal Benuo Taka itu, selama proses pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 
"Kami libatkan 125 personel Polres yang disebar di dalam maupun di luar Kantor KPU jaga tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon)," kata Kepala Polres (Kapolres) Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Supriyanto di Penajam, Rabu.
 
Personel disiagakan, lanjut dia, selama proses pendataan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati berlangsung di Kantor KPU .
 
Pendaftaran pasangan bakal calon peserta pilkada berlangsung 27-29 Agustus 2024, hari pertama dan kedua dimulai pukul 08.00 WITA hingga 16.00 WITA, dan hari terakhir mulai pukul 08.00 WITA sampai 23.59 WITA.
 
Pendukung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati diimbau tetap tertib dan santun dalam pendaftaran di Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, dan peserta tim sukses untuk tertib lalu lintas.
 
"Kami juga siagakan personel Satuan Lalu Lintas untuk pastikan kelancaran lalu lintas dan keamanan masyarakat," ujar Kapolres.
 
Pengamanan dan pengaturan lalu lintas agar aktivitas masyarakat pada tahapan pendaftaran bakal calon kepala dan wakil kepala daerah tidak terganggu dan tidak terjadi kemacetan.
 
"Pasti ada iring-iringan pendukung dan tim sukses untuk mengantar pasangan bakal calon daftar ke KPU, potensi gangguan lalu lintas," ucapnya.
 
"Pendukung dan tim sukses diminta menghormati dan menghargai pengguna jalan lainnya yang melintas," tambahnya.
 
Sehingga kegiatan pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dapat berjalan aman, tertib dan kondusif sesuai harapan.
 
Kapolres Supriyanto menegaskan kepada seluruh personel terlibat pengamanan untuk selalu bertindak humanis dan melayani warga dengan santun.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024