Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Samarinda pada 2024, sembilan dari sepuluh partai politik di parlemen telah memberikan dukungan kepada bakal calon Wali Kota Pertahana Andi Harun dan Saefuddin Zuhry. 
 
"Tinggal satu partai lagi yang belum mengumumkan dukungannya, yaitu Partai Golkar," kata Andi Harun saat Rapat Konsolidasi Partai Pengusung di Samarinda, Selasa.
 
Andi menjelaskan proses politik yang dilalui timnya berbeda dengan mekanisme umum yang seringkali ditempuh oleh politisi lain, baik di provinsi maupun di kabupaten kota. 
 
"Proses itu tidak terjadi secara mendadak, melainkan melalui tahapan yang panjang dan intens," kata Wali Kota Samarinda yang akrab disapa AH itu.

Terkait komunikasi dengan dewan pimpinan pusat partai politik, dia berharap ada keputusan resmi dari Partai Golkar untuk mendukungnya melaju sebagai pemimpin di Kota Tepian.

Baca juga: PKS resmi usung Andi Harun-Saefuddin Zuhry untuk Pilkada Samarinda

"Semoga besok pagi sudah ada kabar pasti mengenai dukungan dari Partai Golkar," ujar AH.
 
Dengan sembilan partai yang telah memberikan dukungan, AH-Saefuddin Zuhry berharap dapat memperkuat proses demokratisasi di Kota Samarinda.
 
Andi juga menekankan kepada timnya tentang arti penting menjaga dinamika ruang publik agar tidak ada kegaduhan yang tidak relevan. Selama proses politik, timnya memilih untuk menghindari geger dan hanya menyampaikan informasi setelah ada kepastian. 

Terkait spekulasi mengenai keanggotaan di Partai Gerindra, AH menegaskan partai berlambang burung Garuda tetap menjadi pilihannya. Dia menyatakan tidak merespons spekulasi yang tidak memiliki legitimasi.

Baca juga: Andi Harun kandidat kuat Walikota Samarinda survei SeMAR'T POLITICA
 
Sementara, Saefuddin Zuhry sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Samarinda, menyampaikan rencana pembangunan dan tantangan yang dihadapi kota itu menjelang Pilkada 2024 dalam pertemuannya bersama AH, beberapa kali.
 
“Pembangunan adalah kunci. Kita harus memastikan bahwa pembangunan tidak hanya fisik, tetapi juga memperkuat mental dan semangat warga," katanya.

AH-Saefuddin dalam kontestasi Pilkada Samarinda 2024 didukung Partai Gerindra, Partai NasDem, PDI Perjuangan, PKS, PAN, Demokrat, PKB, Partai Gelora, dan PPP. Ada pun total kursi DPRD Samarinda partai pendukung sejumlah 37. Sementara Partai Golkar yang memiliki 8 kursi parlemen Samarinda masih belum menentukan dukungan.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024