Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik optimis Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal meningkatkan wisatawan domestik di Provinsi Kalimantan Timur .

"Ini akan memberikan keuntungan bagi Kaltim," kata Akmal saat dijumpai di IKN, Selasa (13/8).

Untuk mewujudkan itu, Akmal berharap para kepala daerah untuk menjadi duta dengan mempromosikan IKN di wilayahnya.

"Hari ini ada rakor, 514 bupati  dan walikota akan hadir di IKN, kami ingin mereka yang hadir itu menjadi duta daerah untuk mempromosikan IKN," ujar Akmal.

Dia menilai menilai walaupun rakor ini tidak berkaitan dengan rangkaian 17 Agustus , tapi secara umum Presiden ingin memperlihatkan kepada seluruh kepala daerah bahwasanya IKN itu siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan 17 Agustus.

"Jadi ini sekalian menginformasikan kepada seluruh kepala daerah baik bupati maupun wali kota terkait IKN serta menunjukkan IKN itu siap menyelenggarakan peringatan 17 Agustus," ujar Akmal.

Lanjutnya, para kepala daerah sudah tiba di Kaltim dan akan menuju ke IKN menggunakan bus dari Stadion Batakan Balikpapan.

Dia juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi juga menginginkan kota atau kabupaten di Kaltim untuk meramaikan HUT RI di IKN.

"Kami siapkan sebanyak 5000 undangan baik dari Penajam Paser Utara (PPU) dan lainnya untuk melihat secara langsung  IKN melalui  sumbu kebangsaan, tapi tertib dan yang jelas kami pastikan tidak ada yang menginap disini," ujar Akmal

Akmal menambahkan,  pada HUT RI di IKN nanti ujar Akmal tidak ada undangan khusus untuk pejabat daerah di Kaltim.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024