Pesawat Korean Trainer (KT) 1-B dengan kode woongbee dari Tim Aerobatik Jupiter (Jupiter Aerobatic Team/JAT) TNI Angkatan Udara akan melaksanakan atraksi di langit IKN bersama pesawat jet tempur F-16, pada apel perayaan hari kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Memang tidak manuver penuh karena keterbatasan waktu," jelas Pimpinan JAT, atau disebut Jupiter One, Letkol Penerbang Idham Satria, di Balikpapan, Sabtu (10/8).

Idham menyebutkan akan terdapat lima manuver JAT bersama pesawat tempur F-16 di langit Kota Nusantara di sela-sela peringatan Upacara 17 Agustus 2024.

Tim Aerobatik Jupiter terdiri dari 14 penerbang untuk delapan pesawat. Sedangkan personel yang melayani pesawat-pesawat itu saat di darat sebanyak 60 orang.

"Pesawat JAT itu berangkat dari Surakarta," kata Idham.

Baca juga: Tim Aerobatik Jupiter TNI AU tiba di Balikpapan, siap semarakkan HUT RI di IKN

Tim Jupiter, lanjutnya, telah melakukan latihan parsial dan latihan gabungan dengan tim F-16 yang bermarkas di Lanud Iswajudi Madiun, Jawa Timur. 

"Kemarin, kami juga sudah berlatih gabungan di Surakarta, sejak dua hingga tiga hari yang lalu," ujarnya.

Sebanyak delapan pesawat JAT TNI AU mendarat di landasan pacu Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan sekira pukul 12.00 wita.

Pesawat itu mendarat bersamaan dengan sejumlah pesawat tempur F-16. Saat ini, keseluruhan pesawat tersebut berada di hanggar Lanud Dhomber Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Baca juga: 30 pesawat-helikopter TNI-Polri bersiap atraksi udara HUT ke-78 RI

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024