Delapan pesawat Tim Aerobatik Jupiter (Jupiter Aerobatic Team/JAT) TNI Angkatan Udara mendarat di Landasan Pacu Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (10/8).
 
Pantauan ANTARA, pesawat-pesawat itu tiba sekira pukul 12.00 wita dan mendarat secara beriringan.
 
Pesawat JAT itu berwarna Merah-Putih dengan salah satu diantaranya memiliki desain khusus HUT ke-79 RI dengan tema Ibu Kota Nusantara (IKN). Pesawat yang punya desain khusus itu bercat warna biru di bagian ekornya.

Tim Jupiter TNI AU akan melakukan pertunjukan atraksi udara dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024. Mereka akan melakukan atraksi bersamaan dengan para pilot pesawat tempur F-16 TNI AU  yang juga telah mendarat di landasan pacu bandara Sepinggan Balikpapan.

Baik Tim Jupiter maupun Tim F-16 telah berada di depan hanggar pesawat Landasan Udara Dhomber Balikpapan di Sepinggan.

Baca juga: 30 pesawat-helikopter TNI-Polri bersiap atraksi udara HUT ke-78 RI
 
Sebelumnya, Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah, usai upacara HUT TNI AU di lapangan Lanud Domber Balikpapan, mengemukakan ada sejumlah pesawat yang akan menyuguhkan pertunjukan di langit IKN pada peringatan HUT ke-79 RI.

Bukan hanya TNI AU, David menyatakan sejumlah kendaraan tempur udara dari matra lain juga akan terlibat dalam atraksi militer HUT RI itu. 

TNI Angkatan Darat (AD), lanjutnya, akan mengerahkan dua unit helikopter AH-64E Apache,. Sedangkan TNI Angkatan Laut (AL) akan mengerahkan dua unit helikopter AS-565 MBe Panther, serta dari Polri mengerahkan helikopter Angusta Westland 169 juga sebanya dua unit.
 
"Bukan hanya pesawat tempur, melainkan juga ada pesawat latih, pesawat heli, dan gabungan untuk pesawat dari AD, AL, dan Kepolisian," ujarnya.
 
Secara keseluruhan, kendaraan tempur udara yang akan terlibat dalam pertunjukkan 17 Agustus di IKN sebanyak 28 unit. Semua kendaraan itu akan menghiasi langit di Kota Nusantara di Istana baru negara.

Baca juga: Lanud Dhomber unjuk kebolehan pada HUT RI ke-79 di IKN

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024