Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memprediksi bakal terjadi peningkatan volume sampah sebanyak 2 ton dengan banyaknya tamu yang datang saat HUT RI di IKN.
 
"Undangan upacara HUT RI yang datang ke Kota Balikpapan hampir 2.000 orang, maka akan terjadi menambah volume  sampah diperkirakan mencapai 2 ton," kata Kepala DLH Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Kamis (8/8).
 
Ia mengatakan prediksi itu diambil dari jumlah tamu yang datang ke IKN, dengan perbandingan 1 orang bisa menghasilkan 1 kilogram sampah.
 
Namun penambahan 2 ton sampah itu tidak begitu berpengaruh terhadap  kinerja petugas DLH Balikpapan, karena  penambahan itu tidak signifikan. Biasanya 1 truk  bisa mengangkut 4 ton sampah. Berarti penambahan volume sampah hanya setengah truk sampah.
 
Sudirman juga mengungkapkan pekerjaan itu semakin mudah  sebab hotel di Balikpapan sudah menyediakan pengelolaan sampah, dimana sampah itu akan dipilah oleh pihak hotel.
 
Sedangkan petugas  dari DLH hanya bertugas mengambil residu dan membuang ke tempat pembuangan sampah akhir, (TPA)  Manggar Balikpapan Timur.
 
Dia menuturkan pihaknya juga tidak menambah jam kerja  para petugas pengangkut sampah, meskipun Kota Balikpapan menjadi kota pertemuan, konvensi, dan Pameran (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/MICE).
 
Lanjutnya sebagai kota MICE, Balikpapan sudah terbiasa menyambut kedatangan para tamu dan undangan dalam event-event besar, sehingga titik-titik TPS di Balikpapan telah dikondisikan sedemikian rupa.
 
Bahkan kata Sudirman, jauh sebelum HUT RI di IKN,  Kota Balikpapan kedatangan tamu dengan jumlah yang lebih besar dari HUT RI di IKN.
 
"Contohnya, kegarangan tamu pada kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII pada Juni 2024 lalu total ada 5.000 orang yang datang ke Balikpapan," katanya.
 
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024