Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur membagikan bendera merah putih sebanyak 10.000 lembar kepada masyarakat setempat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Kami akan melaksanakan pembagian bendera pada Minggu (4/8), di Kompleks GOR Kadrie Oening Sempaja, Samarinda. Pembagian bendera ini telah rutin dilakukan setiap tahun saat memasuki Agustus," ungkap Sekretaris Badan Kesbangpol Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan di Samarinda, Kamis.
 
Pihaknya juga mengundang perwakilan dari 10 kabupaten/kota untuk hadir. Nantinya, Pemprov Kaltim menyerahkan secara simbolis bendera-bendera tersebut agar bisa didistribusikan ke masyarakat di daerah masing-masing.
 
Firdaus menjelaskan, kegiatan pembagian bendera ini merupakan upaya pemerintah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat. Pembagian bendera gratis ini juga bertujuan untuk memastikan seluruh warga dapat ikut serta dalam memeriahkan perayaan HUT RI.
 
“Kita berharap dengan adanya pembagian bendera ini, masyarakat semakin semangat dalam mengibarkan bendera merah putih di rumah-rumah mereka. Ini adalah bentuk penghormatan kita terhadap para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan,” katanya.
 
Selain pembagian bendera, pada acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti penampilan tarian tradisional dan sambutan dari para pejabat daerah. Rangkaian acara dimulai pukul 07.00 Wita.
 
“Beberapa pejabat utama Kalimantan Timur turut diundang untuk berpartisipasi pada pembagian bendera ini, seperti Penjabat Gubernur, Pangdam, Kapolda, dan juga perwakilan dari DPRD. Mereka akan menyampaikan pesan-pesan penting terkait peringatan HUT RI,” kata Firdaus.
 
Kesbangpol Kaltim mengimbau kepada seluruh masyarakat daerah ini untuk mengibarkan bendera merah putih pada tanggal 1 sampai 31 Agustus 2024. Ia juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI.
 
Terkait dengan ukuran bendera yang dibagikan, Firdaus mengatakan bahwa pihaknya menyediakan berbagai ukuran, mulai dari bendera kecil yang bisa digenggam hingga bendera berukuran besar untuk perkantoran dan rumah. Pembagian bendera merah putih ini sebagai stimulan dari Pemprov Kaltim untuk menanamkan jiwa patriotisme.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024