Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Edi Damansyah mengajak pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menularkan kemampuan jiwa usaha kepada kaum muda, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian desa.

"Di Kukar sudah ada beberapa BUMDes yang berhasil membangun unit usaha dan hasilnya sudah dirasakan, maka keberhasilan ini harus ditularkan kepada orang lain, terutama kaum muda di desa agar bisa maju bersama membangun desa," ujar Edi di Tenggarong, Kamis.

Salah satu BUMDes yang berhasil menjalankan berbagai usaha itu adalah BUMDes Payang Sejahtera di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, dengan jenis usaha yang dijalankan seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan.

BUMDes yang pernah masuk 40 finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) pada 2022 tersebut, kemudian merambah sektor peternakan ayam petelur yang dua hari lalu berhasil panen perdana.

Awalnya usaha peternakan ayam petelur ini dibiayai dari program Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) 2023 sebesar Rp500 juta, namun setelah panen tentu mendapat keuntungan, sehingga sebagian keuntungan ini digunakan untuk mengembangkan usaha.

Saat panen perdana dua hari lalu, bahkan Bupati Kukar ikut panen telur yang dikelola BUMDes tersebut.

Kunjungan bupati ke lokasi ini disambut pihak terkait seperti Camat Loa Kulu Adriansyah, Kades Sungai Payang Arbain, dan Direktur BUMDes Payang Sejahtera Supiani.

Dalam kesempatan itu bupati menyatakan bahwa usaha ini harus berkelanjutan dan terus berkembang, baik berkembang dari sisi usaha BUMDes maupun berkembang ke masyarakat, sehingga kawasan bisa dikenal dengan penghasil telur.

Untuk itu ia menyarankan pengurus BUMDes Payang Sejahtera memfasilitasi pembentukan kelompok peternak yang beranggotakan 5-10 orang dari kalangan anak muda, sehingga kelompok ini dapat membantu mengembangkan usaha sejenis atau usaha turunan yang saling berkesinambungan.

"Untuk pembiayaan akan difasilitasi lewat Kredit Kukar Idaman (KKI) yang bekerja sama dengan Bank Kaltimtara. Manfaatkan program Kredit Kukar Idaman di Bank Kaltimtara, saya ingin ini nanti menjadi percontohan untuk berbagai kelompok pemuda yang lain," ujar Edi.

Di sisi lain ia juga memberikan semangat kaum muda baik generasi Z maupun generasi Milenial di Sungai Payang untuk terjun menjadi petani maupun peternak, karena Pemkab Kukar siap memfasilitasi dengan sejumlah pelatihan sesuai dengan bakat, minat, dan potensi lokal.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024