Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Ratusan warga di Kota Samarinda, Kaltim, melakukan donor darah yang digelar oleh Tupperware Indonesia dan dipusatkan di Mall Samarinda Central Plaza (SCP) dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.
    “Alhamdulillah saya bisa kembali berdonor darah sambil belanja. Semula saya hanya ingin belanja di SCP, tetapi karena ada kegiatan donor darah, jadi saya ikut juga mendonor,” ujar Aridiana, salah seorang pengunjung SCP setelah melakukan donor darah, Sabtu.
    Dia juga mengingatkan kepada PMI agar melakukan SMS kepada pendonor yang telah masuk masa donor karena setiap melakukan donor pasti meninggalkan nomor ponsel.
    Dia mengaku sering lupa melakukan donor darah walau sudah tiga bulan atau lebih setelah melakukan donor terkahir, sehingga PMI yang telah memiliki data base nama-nama pendonor agar mengingatkan melalui SMS.
    Sementara itu, Maeger Dwi Laksono, Marketing Officer PT Tupperware Indonesia, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa donor darah bersama Tupperware  pada Sabtu ini dilakukan secara serentak di 23 kota di Indonesia.
    Donor darah serentak ini merupakan kegiatan yang merupakan tahun ke-7, sejak pertama diadakan pada 2008 dengan jumlah kota yang terus bertambah sesuai dengan umur Tupperware Indonesia.
    Kegiatan yang mengangkat tema A Drop for Hopes - Saving Blood For Saving Mothers ini sekaligus mendukung perayaan donor darah sedunia Safe Blood for Saving Mothers dan merayakan hari jadi Tupperware Indonesia ke-23 dan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69.
    Melalui kegiatan ini, dia ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya akses darah yang tepat dan aman untuk mencegah kematian para ibu karena komplikasi kehamilan dan persalinan karena berdasarkan data hingga 2013, angka kematian ibu akibat komplikasi kehamilan dan persalinan mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup.
    Dilanjutkannya, donor darah bersama Tupperware ini menargetkan lebih dari 25.000 orang dari 23 kota ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya, sedangkan pada 2013 kegiatan ini diikuti lebih dari 20.000 pendonor dari 22 kota di Indonesia.
    Dia juga mengatakan bahwa donor darah  tahun ini didukung juga oleh komunitas Blood4Life, sebuah komunitas yang menjadi wadah bagi para pendonor rutin yang siap mendonorkan darahnya pada saat diperlukan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014