Nunuka (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, periode 2014-2019 hasil pemilu legislatif 2014 dilantik, Senin.

Pelantikan melalui rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji itu dilaksanakan sekitar pukul 11.00 Wita di ruang rapat utama Gedung DPRD Nunukan dipimpin Ketua DPRD Nunukan periode 2009-2014 Nardi Azis.

Hadir dalam acara itu sejumlah pejabat dari Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Nunukan.

Sekretaris DPRD Nunukan Indra Jaya membacakan Surat Keputusan Pj Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie Nomor 171.3.2/K.131/2014 tertanggal 6 Agustus 2014 yang menyebutkan ke-25 orang itu resmi menjadi anggota dewan lima tahun ke depan.

Pj Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dalam sambutannya meminta kepada 25 anggota DPRD Nunukan yang telah dilantik tersebut dapat memerankan fungsi dan tanggung jawab dengan baik demi pengembangan pembangunan di Kabupaten Nunukan lima tahun ke depan.

Irianto Lambrie juga menyampaikan, sebagai lembaga pemerintah daerah, DPRD memiliki kedudukan yang setara dan hubungan kerja yang bersifat kemitraan, kedudukan yang sama dengan pemerintah daerah.

Ia mengatakan bahwa antara pemerintah daerah dengan DPRD wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis dan saling mendukung demi tujuan yang sama yakni mengembangkan kehidupan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya.

Selain itu, dia mengharapkan pula DPRD mampu mengembangkan hubungan dan mekanisme "check and balance" serta meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Irianto Lambrie mengatakan anggota DPRD Nunukan harus peka dan tanggap serta responsif terhadap aspirasi masyarakat supaya tercipta kepercayaan yang berujung pada terpeliharanya stabilitas di daerah.

Menurut dia, prasyarat utama majunya pembangunan di daerah adalah berawal dari terciptanya keamanan dan stabilitas yang baik.

Usai pelantikan, dilakukan penyerahan pimpinan DPRD Nunukan dari Nardi Azis (Partai Bulan Bintang) kepada Danni Iskandar dari Partai Demokrat didampingi Nursam dari Partai Gerindra. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014