Diskominfo Kaltim  melalui Pranata Humas Ahli Pertama Mardiasih berharap masyarakat Kelurahan Riko, Kabupaten Penajam Paser Utara aktif memanfaatkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat)

Hal itu disampaikan Mardiasih pada sosialisasi Program Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund (FCPF-CF), di Kelurahan Riko, Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin

“Sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif  dalam pelestarian lingkungan dan pelayanan publik yang lebih baik,” katanya.

Menurutnya, dengan pemahaman yang lebih baik tentang sistem SP4N-LAPOR! diharapkan dapat mengambil langkah konkret untuk melaporkan masalah yang mereka temukan  sehari-hari, khususnya masalah lingkungan.

Ia menjelaskan, dalam sosialisasi  tersebut, masyarakat dikenalkan dengan layanan pengaduan  kepada aparat desa dan kelurahan serta masyarakat umum. Aplikasi SP4N-LAPOR!  diharapkan menjadi alat utama dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

“SP4N-LAPOR! merupakan upaya pemerintah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat,” ujar Mardiasih.

Lanjutnya melalui platform SP4N-LAPOR! , masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan pengaduan atau aspirasi mereka terkait pelayanan publik. Sistem tersebut  juga membantu pemerintah dalam memantau dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Mardiasih menambahkan sosialisasi SP4N-LAPOR!  merupakan bentuk dukungan terhadap program FCPF-CF. Program  yang bertujuan untuk membantu negara-negara berkembang mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan, meningkatkan dan melestarikan stok karbon dengan  mengelola hutan secara berkelanjutan.

Seperti diketahui bahwa program pengurangan emisi karbon di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Timur bertujuan untuk menurunkan laju deforestasi dan degradasi hutan di 12,7 juta hektar lahan yang kaya hutan hujan tropis dan keanekaragaman hayati.

“ Kelurahan Riko adalah salah satu wilayah yang turut menjaga pelestarian lingkungan,” kata Mardiasih.(Adv)

Pewarta: Rahmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024