Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak melantik Yenrizal Makmur sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim menggantikan pejabat lama Jufri Yasin saat ini kembali bertugas ke BKKBN pusat.

“ Saya memberikan penghargaan yang tinggi kepada BKKBN pusat yang merupakan  satu-satunya instansi  vertikal memberikan  kewenangan kepada  Gubernur  untuk melantik pejabatnya yang berada di daerah,” katanya saat memberikan sambutan  pada  acara pelantikan pejabat eselon II,III dan IV serta kepala BKKBN Kaltim di Aula Lamin Etam, Rabu, (6/8).

Ia  berharap kepada pihak Kementerian  agar memberikan kewenangan kepada  Gubernur sebagai  kepala daerah    yang merupakan wakil pemerintah pusat  di daerah  untuk  melantik dan ikut menentukan  calon pejabat  tersebut.

Menurut Awang Faroek Ishak bahwa prestasi di bidang kependudukan dan KB di Kaltim selama ini cukup baik dengan kian turunnya angka kelahiran total  (TFR) dan bertambahnya kesertaan KB. Berdasarkan data SDKI 2007  TFR Kaltim 2,7.

Kemudian naik mejandi 2,8 pada tahun 2012, dengan kesertaan ber-KB (CPR) 60,1%. Meskipun  masalah kependudukan dan KB di Kaltim tergolong cukup berat mengingat Provinsi Kaltim merupakan magnet bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di kawasan Indonesia Tengah dan Timur.

”Saya menilai program KB di Kaltim cukup berhasil mampu menekan angka kelahiran, meskipun jumlah penduduk Kaltim terus bertambah  bahkan ,elebih rata-rata nasional, namun hal itu bikan disebabkan oleh tingginya angka kelahiran tetapi disebabkan migrasi dari daerah lain ke Kaltim,” katanya.

Dikemukakannya Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah tujuan bagi pendatang untuk mengadu nasib, mencari usaha dan lowongan perkerjaan. Tapi tidak semua pendatang tertampung dalam lapangan pekerjaan dan usaha, karena ketidaksesuaian skill yang diperlukan, sehingga menjadi pengangguran dan hal itu menimbulkan masalah sosial.

”Oleh karena itu saya berharap kepada Kepala BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur  terus bekerjasama dengan seluruh jajaran pejabat Provinsi Kaltim  sesuai visi,misi dan program kerja mari bersama-sama mewujudkan ”Kaltim maju dan sejahtera”, kata Awang Faroek Ishak.

Semenatara itu Deputi Bidang  Advokasi  Penggerakkan dan Informasi ( Adpin) BKKBN, dr Abidinsyah Siregar menanggapi  apresiasi yang diberikan Gubernur  Awang Faroek Ishak  kepada BKKBN dinilai  suatu  pujian yang iklas dan tulus  sekaligus menjadi tantangan  bagi BKKBN  Perwakilan Kaltim  dalam mensukseskan program  KB di Kaltim  sesuai  visi dan misi   Kaltim maju dan sejahtera.

“Saya  yakin kepala BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur dan jajarannya  mampu mengemban tugas  untuk mensukseskan program KB ,” kata  Abidinsyah Siregar (*).

Pewarta: Rachmad

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014