Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Timur (Kaltim) Irhan Hukmaidy menyatakan ekonomi biru menjadi fokus utama dalam melaksanakan ekosistem laut berkelanjutan di provinsi ini.
 
"Meskipun perhatian dunia masih banyak tertuju pada ekonomi hijau, kami menekankan bahwa ekonomi biru memiliki peran krusial dalam memastikan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan," ujar Irhan Hukmaidy, di Samarinda, Sabtu.
 
Irhan menjelaskan, ekonomi biru merupakan bagian spesifik dari ekonomi hijau yang berfokus pada pemanfaatan sumber daya kelautan secara berkelanjutan. Laut, sebagai medianya, memiliki peran sentral dalam ekonomi biru.
 
Irhan menyoroti pentingnya memahami konsep we cannot go green without blue, artinya, tidak mungkin dapat membangun ekonomi hijau tanpa mempertimbangkan peran laut dalam membatasi perubahan ekosistem dan merangsang pembangunan sosial dan ekonomi.
 
"Kami terus menggalakkan semangat tentang pentingnya mengarahkan generasi muda untuk mengoptimalkan pengelolaan perikanan berkelanjutan. Maka dari itu, peran strategis perikanan dalam memastikan ketahanan pangan dan keberlanjutan ekosistem laut dinilai penting," katanya lagi.
 
Dalam upaya mengintegrasikan pemanfaatan ruang laut, Irhan menekankan pentingnya izin kesesuaian kegiatan. Para pelaku, termasuk wisata bahari, homestay, rumah makan, atau pemanfaatan usaha berbasis laut lainnya harus memiliki izin yang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah provinsi.
 
"Itulah pentingnya mengoptimalkan peran konservasi dan zona inti dalam membatasi aktivitas yang dapat merusak ekosistem laut," ujarnya pula.
 
Prestasi Kaltim dalam pemanfaatan laut juga patut dicatat. Pada tahun 2023, Kaltim meraih penghargaan Coastal Awards sebagai peringkat pertama nasional dalam kategori kepatuhan pemanfaatan ruang laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
 
"Ini menunjukkan komitmen daerah dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian laut," ujar Irhan.
 
Dengan semakin matangnya birokrasi dan kesadaran akan pentingnya ekonomi biru, Indonesia siap menyongsong masa depan sebagai negara emas yang berkelanjutan.
 
Irhan melanjutkan, semua pihak, termasuk generasi muda, memiliki peran vital dalam menjaga lingkungan dan memastikan keberlanjutan ekonomi biru yang berkelanjutan.
 
"Mari bersama-sama menjaga laut kita, karena ekonomi biru adalah kunci menuju Indonesia emas," demikian Irhan.

 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024