Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Timur menekankan pentingnya refleksi dan aksi nyata masyarakat setempat dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan berkaitan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

"Hari ini adalah momentum bagi kita semua untuk merefleksikan pentingnya mengelola lingkungan hidup di sekitar kita," ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kalimantan Timur M Chamidin di Samarinda, Rabu.
 
Ia menjelaskan perubahan iklim dan degradasi lingkungan sebagai isu krusial yang memerlukan tindakan konkrit setiap individu dan pemangku kepentingan.

Ia menyerukan semua pihak bertanggung jawab atas pengelolaan lingkungan hidup sehari-hari.
 
Tahun ini, tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan di Arab Saudi adalah Restorasi Lahan Penggurunan dan Ketahanan terhadap Kekeringan. Tema ini menyoroti pentingnya restorasi lahan dan peningkatan ketahanan terhadap kekeringan, yang merupakan dampak langsung dari perubahan iklim.

"DLH Kaltim telah mengambil langkah-langkah strategis dalam menghadapi isu ini. Kami telah membuat dokumen perencanaan perlindungan pohon gambut dan melakukan kajian lingkungan hidup strategis untuk 20 tahun ke depan," ujar Chamidin.
 
Salah satu upaya yang diambil, yakni pengembangan sistem integrasi basis data hayati berbasis web.

Sistem ini, menurut dia, memungkinkan pemetaan keanekaragaman hayati di Kalimantan Timur dan menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan pembangunan berkelanjutan.
 
"Kami juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi perubahan. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan sehingga dapat terjaga dengan baik dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan," katanya.
 
Komitmen Kaltim terhadap lingkungan juga tercermin dalam upaya memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Ia menegaskan perencanaan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum lingkungan menjadi prioritas utama.
 
Kaltim berharap dapat menginspirasi tindakan yang membawa perubahan positif bagi Bumi dan generasi yang akan datang dengan refleksi dan aksi nyata.

"Hari Lingkungan Hidup adalah momen penting untuk merefleksikan nilai-nilai keberlanjutan dan perlindungan lingkungan," demikian Chamidin.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024