Rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII tahun 2024 di Kota Balikpapan bakal dibuka  oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Pak Presiden bakal membuka acara APEKSI, dan diusahakan pada tanggal 3 Juni 2024 pada pelaksanaan gala Dinner beliau hadir," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud dalam jumpa pers di Balai Kota, Selasa (28/5).

Ia mengatakan Rakernas APEKSI dilaksanakan  selama tiga hari yakni mulai  tanggal 3 hingga 6 Juni 2024.Dan untuk pembukaan nanti di tanggal 4 Juni di buka oleh pak Presiden.

Rahmad mengemukakan, Rakernas APEKSI bakal dihadiri oleh 98 kepala daerah. Dari 98 kepala daerah itu, yang menyatakan siap hadir sebanyak 79 kepala daerah.

"Begitu juga ada 11 Sekretaris Daerah (Sekda) yang mewakili juga telah menyatakan siap hadir, sehingga saat ini ada 13 kepala daerah yang belum terkonfirmasi hadir," jelasnya.

Dari 98 kepala daerah tersebut, diperkirakan bakal ada lima ribu rombongan yang datang ke kota minyak Balikpapan, tentunya menjadi peluang buat para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan.

"Kami akan melibatkan pelaku UMKM dalam kegiatan Rakernas APEKSI ini," ujarnya.

Adapun pelaku UMKM yang dilibatkan sebanyak 200 yang tersebar di beberapa titik, sehingga pelaku UMKM dapat berusaha secara maksimal dan memberikan kesan buat mereka yang hadir di Balikpapan.

Lanjut Wali Kota Rahmad Mas'ud  hingga H-5 menjelang kegiatan, persiapan Kota Balikpapan sebagai tuan rumah sudah mencapai 99,9 persen.

Lanjutnya dalam rangkaian kegiatannya, juga digelar karnaval budaya yang menghadirkan masing-masing keberagaman budaya daerah se Indonesia.

"Jadi kami imbau, masyarakat Kota Balikpapan untuk memeriahkan kegiatan tersebut," imbaunya.

Selain itu  Wali Kota menghimbau agar warga kota yang menjadi teras Ibu Kota Nusantara (IKN) agar tetap kondusif dan selalu menjaga kebersihan.

"Sebagai beranda IKN, jangan sampai warga hanya jadi penonton," ujar Rahmad.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024