Komandan Resimen Taruna  (Danmentar) Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV /2024 Kalimantan Timur Kolonel (PNB)  Yoyon Kuscahyono meninjau kegiatan pembangunan Tugu  Latsitarda Nusantara di  Kota Tanah Grogot. 

"Ada lima kabupaten/kota yang sedang melaksanakan pembangunan tugu Latsitarda Nusantara, termasuk di Kabupaten Paser," kata Yoyon di sela-sela meninjau pembangunan tugu di Tanah Grogot, Jum'at (24/5). 

Lima Kabupaten/Kota yang sedang membangun tugu Latsitarda Nusantara antara lain  Kota Samarinda, Balikpapan, Paser,  Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara.

"Tugu yang dibuat kelima kabupaten/kota itu bentuk dan ukurannya sama, jadi semua seragam," kata Yoyon.  Di tugu latsitarda terdapat patung burung elang yang bertengger di atas tugu tersebut. 

Untuk tugu Latsitarda Nusantara yang dibangun di Kabupaten Paser berlokasi di jalan negara  KM 5, tepatnya di jalan masuk menuju Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Paser atau di area depan Hotel Kryad Sadurengas. 

Dia menyebutkan, tugu latsitarda nusantara merupakan simbol semangat kebersamaan sesama taruna maupun dengan masyarakat tempat para taruna mengabdi. 

Tugu Latsitardanus ini, kata Yoyon, akan diresmikan pada 5 Juni dan ditandatangani  Bupati/Walikota, Gubernur, Pangdam dan Danjen Akademi TNI. 

Terkait  capaian kegiatan fisik maupun non fisik yang dilakukan para taruna Latsitarda Nusantara XLlV  Kaltim , Yoyon menuturkan  bahwa saat ini sudah mencapai 86 persen. 

"Untuk kegiatan non fisik sudah 100 persen, sedangkan kegiatan fisik kurang lebih sudah mencapai 86 persen, dengan sisa waktu yang ada, atau seminggu ke depan kegiatan fisik taruna Latsitarda Nusantara sudah selesai 100 persen," katanya. 

Setelah meninjau pembangunan Tugu Latsitardanus, Danmentar Kolonel Yoyon Kuscahyono bersama Dandim 0904/ Paser Letkol (Inf) Ary Susetyo, Danyon Latsitardanus Elang / III Letkol (Pnb) Armin Yusuf serta Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid meninjau semenisasi jalan lingkungan di Jalan Piere Tendean Tanah Grogot sekaligus memasang papan nama Gang Kompi A Elang. 

Seperti diketahui kegiatan taruna Latsitarda Nusantara XLlV /2024 di Kaltim akan berakhir pada tanggal 6 Juni. Para taruna peserta Latsitarda nusantara berasal dari taruna AAD, AAU, AAL, AKPOl, PSSN, IPDN dan UNHAN. 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024