Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, memfokuskan perhatian terkait infrastruktur jalan demi peningkatan perekonomian masyarakat kabupaten penyangga Ibu Kota Nusantara itu.

"Kalau bicara peningkatan perekonomian, jalan sebagai akses transportasi harus baik dan bagus," ujar Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Wakidi.

Sejumlah jalan usaha tani dan lingkungan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, telah mengalami kerusakan membutuhkan perbaikan.

Jalan usaha tani dan lingkungan sangat penting bagi masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai akses transportasi.

Wakidi mengatakan jalan usaha tani dan lingkungan dengan kondisi bagus sangat dibutuhkan sebab sebagian besar hasil pendapatan masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara berasal dari sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Baca juga: DPRD minta Pemkab Penajam Paser Utara tingkatkan PJU jelang mudik

Kondisi jalan usaha tani dan lingkungan di kelurahan dan desa yang ada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, menurutnya, belum secara menyeluruh tersentuh perbaikan maupun pembangunan.

"Perbaikan maupun pembangunan jalan usaha tani dan lingkungan itu, secara bertahap diprogramkan melalui dana aspirasi DPRD," tambahnya.

Namun jika anggaran yang dibutuhkan besar, Wakidi mengatakan akan ada upaya melalui usulan prioritas anggaran lain seperti dana alokasi khusus (DAK), maupun bantuan keuangan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Syamsudin Alie mengatakan akses jalan usaha tani dan lingkungan merupakan dukungan terhadap peningkatan produktivitas pertanian dan perekonomian masyarakat.

DPRD dan pemerintah kabupaten telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi agar mendapatkan bantuan anggaran secara berkesinambungan, perbaikan maupun pembangunan jalan usaha tani dan lingkungan, demikian Syamsuddin Alie.(Adv)

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024