Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan teknologi masa depan bakal tersaji di Nusantara Expo yang  bakal digelar OIKN) di Sumbu Kebangsaan Kota Nusantara.

"Pada Nusantara Expo kami memberikan showcasing Kota Nusantara hingga 2024," kata Bambang Susantono di Balikpapan, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, mulai dari alat transportasi berupa sky taxi atau mobil terbang hingga tiang listrik yang dapat menyajikan informasi dan beragam teknologi paling mutakhir lainnya bakal tersaji   di Nusantara Expo.

"Saat ini sky taxi sedang meminta mereka menyediakan, karena ini akan dilakukan uji coba di Bandar Udara Samarinda," ujarnya. 

Berdasarkan informasi sky taxi disiapkan oleh perusahaan asal Korea Selatan yakni Nyundai,

Selain itu, kata Bambang dari Kementerian Perhubungan juga tengah menguji coba kendaraan tanpa awak yang juga akan disajikan dalam Nusantara Expo.

Lanjut Bambang, untuk tiang listrik yang dapat menyajikan informasi yakni seperti tiang listrik biasa yang dirancang sedemikian rupa.

Tetapi dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa diakses siapa pun untuk mendapatkan sejumlah informasi tentang IKN seperti arah jalan, rumah sakit, taman, lokasi kantor pemerintahan, dan lain sebagainya,

"Bahkan juga bisa menjawab semua pertanyaan secara interaktif," ujarnya,

Adapun sumber energi yang digunakan pada tiang listrik itu juga menggunakan energi ramah lingkungan yakni panel solar.

Mengingat IKN itu berpindah ke Kaltim, maka tak lupa disajikan kultur budaya khas Kaltim.

Bambang mengemukakan, ajang akbar ini akan di helat setelah keluar putusan final dari Presiden RI Joko Widodo.

"Intinya nanti digelar di sepanjang jalan ke sumbu kebangsaan selama 6 bulan. Nusantara Expo ini sebagai bentuk pemahaman kepada masyarakat terkait gambaran IKN," jelasnya.

Bambang menambahkan IKN nantinya menjadi kota yang cerdas, hijau, dan sangat menjunjung tinggi prinsip-prinsip lingkungan dan juga berkelanjutan.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024