PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga yang mengelola bisnis pelumas dan bahan-bahan kimia khusus (specialty chemicals), menguatkan pemasaran dan distribusi produk-produknya.

“Kami baru saja menandatangani perjanjian kerja sama distributor dengan 36 perusahaan dari seluruh Indonesia,” kata Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi, Minggu.

Menurut Werry, dengan jaringan distribusi ini, produknya akan lebih mudah diakses oleh konsumen di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia, seperti dalam sektor oil and gas, industri karet, ban, dan lainnya.

“Memudahkan kami memberikan pelayanan terbaik pada konsumen,” kata Werry lagi.

Produk-produk specialty chemicals merupakan produk-produk hasil produksi kilang yang terdiri dari Parafinnic oil, Minarex, TDAE, Exdo dan Smooth Fluids-lumpur pengeboran yang diproduksi di Kilang Balikpapan. 

Smooth Fluids banyak digunakan dalam pengeboran sumur-sumur migas di Kalimantan Timur dan juga diekspor ke proyek migas di Afrika. 

Ada juga produk-produk hasil formulasi dari Technology Innovation (TI) Pertamina untuk mendukung ragam kebutuhan industri seperti produk pemecah minyak dengan air (demulsifier) Pertadem, pencegah dan pelindung dari karat corrosion inhibitor Pertaguard, busa pemadam api dan pemecah tumpahan minyak (oil spill dispersant fire fighting foam) Pertasurf, anti-foam Pertafoam, pour point depressant Pertaflow, dan pelumas anti-karat serba guna Pertamina Spreeze.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Werry Prayogi bersama perwakilan distributor (ANTARA/HO-Pertamina Lubricants)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya juga menyampaikan terima kasih atas kontribusi dan kolaborasi para distributor terhadap Pertamina selama ini.

“Untuk mendukung kerjasama ini kami mencurahkan pengalaman, riset yang kuat,  inovasi, dan sumber daya manusia," kata Maya. Ia menambahkan Pertamina Lubricants mengoperasikan tiga unit produksi di Gresik, Cilacap, dan Jakarta serta 1 unit produksi di Thailand dengan total kapasitas lebih dari 535 juta liter per tahun. 

Dari sisi distributor, kerjasama ini adalah kesempatan untuk memperluas portofolio bisnis, membuka peluang-peluang bisnis baru, serta meningkatkan kinerja dan pertumbuhan bisnis ke depannya.

“Kami harapkan kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak dan memperkuat posisi Pertamina Lubricants sebagai pemimpin industri dalam penyediaan produk pelumas dan specialty chemicals di Indonesia,” demikian Werry.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024