Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan membuka posko mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah  pada 3 April mendatang.
 
"Posko ini dibuka selama dua pekan lebih, hingga usai lebaran yaitu sampai 18 April," kata Perwakilan Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII, Abdul Wahab, di Balikpapan, Sabtu (23/3).
 
Menurutnya, keputusan itu diambil setelah digelar Rapat Koordinasi (Rakor) Airport Security Committee (ASC) membahas kesiapan untuk menyambut mudik lebaran beberapa waktu yang lalu di gedung serba guna Bandara SAMS Sepinggan.
 
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Shahab menambahkan Rakor ACS ini rutin digelar 4 kali dalam satu tahun.
 
"Ini sesuai dengan amanat yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional,"ujarnya.
 
Syaugi mengatakan Rakor dihadiri oleh anggota-anggota ASC, antara lain Komandan Rayon Militer 0905-03, Kepala KP3 Bandara, Kepala Basarnas Kota Balikpapan, perwakilan Perum LPPNPI Balikpapan, perwakilan Custom, Immigration, Quarantine (CIQ), perwakilan BMKG dan para stakeholder di Bandara SAMS Sepinggan.
 
"Pertemuan ini merupakan momen yang tepat untuk sama-sama mempersiapkan dengan baik menjelang arus mudik lebaran tahun ini," ujarnya.
 
Ia menilai hal ini buat Angkasa Pura dapat memfokuskan hal-hal yang menjadi prioritas, dalam kegiatan sebagai pengelola Bandara.
 
Syaugi berharap dari Rakor tersebut, seluruh kegiatan di Bandara SAMS selama mudik berjalan lancar dengan mengedepankan 3S + 1C.
 
"Yaitu Safety (Keselamatan), Security (Keamanan) dan Services (Pelayanan) serta Compliance (Pemenuhan terhadap aturan yang berlaku)”, harap Syaugi.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024