Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, meningkatkan kreativitas organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat melalui lomba inovasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan efisien.
 
Lomba inovasi yang diadakan, jelas Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Kamis, merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kreativitas setiap OPD dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif dan efisien.

Inovasi harus terus dilakukan untuk menyederhanakan birokrasi dan memperpendek alur pelayanan publik, dimana di era teknologi, lanjutnya  dituntut untuk melakukan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis digital.

"Inovasi itu bermanfaat signifikan terhadap pembangunan dari sisi peningkatan daya saing dan efektivitas pemanfaatan teknologi," tambahnya.

Lomba inovasi wajib diikuti seluruh OPD atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, agar menghadirkan inovasi dan kreativitas tata kelola administrasi pemerintahan.

"Inovasi yang didaftarkan setiap SKPD pada lomba inovasi diharapkan dapat bermanfaat terhadap kemajuan pembangunan daerah di berbagai sektor," ujarnya.

Lomba inovasi dilakukan juga agar daya saing setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan efisien semakin meningkat.

"Pemerintah kabupaten ingin menjaring dan menumbuhkembangkan ide kreatif di seluruh SKPD," katanya.

Selain untuk meningkatkan pelayanan publik yang efektif dan efisien, lomba inovasi juga digelar menghadirkan inovasi dan kreativitas tata kelola administrasi pemerintahan yang optimal, demikian Makmur Marbun.(Adv)
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024