Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, meminta pemerintah kabupaten setempat memperhatikan sarana dan infrastruktur penunjang pertanian.
 
"Penunjang pertanian sangat dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas petani," ujar Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Syahrudin M Noor di Penajam, Senin.

Sarana dan infrastruktur penunjang pertanian itu, menurutnya, seperti perbaikan akses jalan dan moda pengangkutan hasil-hasil pertanian yang memadai.
 
Syahrudin menilai hasil pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara itu perlu ditingkatkan karena daerah itu merupakan mitra Ibu Kota Nusantara yang membutuhkan produk pangan.
 
Perbaikan perbaikan jalan pertanian di daerah berjuluk Benoa Taka itu, lanjutnya, merupakan urat nadi kelancaran sektor petani tanaman padi dan tanaman lain.

Baca juga: Pemprov Kaltim bantu pertanian Penajam jadi lumbung pangan
 
Dia menyebut sebagian besar masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan petani baik padi dan tanaman lain sehingga juga membutuhkan sarana pengangkutan hasil pertanian mereka.
 
"Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dapat mengerahkan Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) di setiap kecamatan untuk menjalankan program pembangunan, perbaikan, dan peningkatan jalan usaha tani," katanya.
 
Sementara, alat penunjang pertanian juga meliputi dukungan untuk produksi seperti alat pengolahan lahan dan perkebunan, hingga ketersediaan bahan bakar yang terjangkau.
 
"Pemenuhan penunjang pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara itu bertujuan mengimbangi perkembangan Kota Nusantara, yang membutuhkan pasokan hasil pertanian,' demikian Syahrudin M Noor. (Adv)

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024