Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Balikpapan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024

"Tiga  TPS itu masing-masing TPS 905, TPS 906, dan TPS 907," sebut Kepala Rutan Kelas II B Balikpapan, Agus Salim, Senin (19/2).

Dipaparkannya, untuk TPS 905 Paslon nomor 02 meraih suara sebanyak 264, kemudian disusul Paslon nomor urut 03 sebanyak 29 suara, dan Paslon nomor urut 01 sebanyak 22 suara.

Kemudian untuk di TPS 906 Paslon nomor 02 meraih suara sebanyak 280, kemudian disusul Paslon nomor urut 03 sebanyak 36 suara, dan Paslon nomor urut 01 sebanyak 26 suara.

Untuk di TPS 907 Paslon nomor 02 meraih suara sebanyak 188, kemudian disusul Paslon nomor urut 03 sebanyak 27 suara, dan Paslon nomor urut 01 sebanyak 19 suara.

Agus Salim menjelaskan, Rutan Kelas II Balikpapan memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 256 orang, serta Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) sebanyak 726 orang dari total keseluruhan 1.140 Nara Pidana (Napi).

"Jumlah itu hingga H-1 jelang Pemilu kemarin," jelasnya.

Dia mengatakan saat pencoblosan, terlebih dahulu dilakukan oleh Napi yang memiliki DPT hingga pukul 11.00 Wita, kemudian dilanjutkan oleh DPTB  melakukan pencoblosan sekitar pukul 14.00 Wita.

"Itu-pun surat suara tidak langsung datang semuanya, jadi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengambil dari TPS di luar untuk di masukan ke Rutan," tuturnya.

Alhasil pencoblosan di Rutan baru usai menjelang ibadah salat Maghrib, kemudian selepas Maghrib dilanjutkan kembali dengan proses perhitungan suara, mulai dari Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Balikpapan.

"Untuk DPRD Kota ini khususnya untuk Daerah Pilih (Dapil) Balikpapan Selatan," jelasnya.

Dalam pencoblosan itu, di Rutan Kelas II B Balikpapan memiliki sebanyak 27 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dibantu oleh TNi-Polri yang bekerja hingga Kamis pagi dini hari.

"Luar biasa pemilu 2024 kali ini, teman-teman bekerja melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin," ungkapnya.

Lanjut Agus Salim selama pelaksanaan pemilu berlangsung damai, tertib, dan lancar di Rutan Kelas II B Balikpapan.

"Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan sebesar-besarnya kepada seluruh rekan-rekan sehingga pencoblosan di Rutan Balikpapan berjalan lancar dan tertib," ujar  Agus Salim.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024