Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Artanto berkomitmen melanjutkan kinerja dari kepemimpinan sebelumnya sembari melakukan sejumlah perbaikan.

"Jadi tidak ada perubahan, karena kami melanjutkan kinerja Kabid Humas sebelumnya. Tapi bila ada yang perlu dilakukan perbaikan, kami akan benahi," katanya saat menyambangi Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Balikpapan, Kamis (15/2).

Perbaikan itu, menurutnya, terutama pada komunikasi Polda Kaltim dengan para wartawan selaku mitra dari bidang kehumasan.

"Perbaikan itu agar mereka (para wartawan) tidak segan bila ingin berkomunikasi dengan saya. Kalau saya di telpon tidak merespon, mungkin saya sedang ada kegiatan. Tapi, pasti saya jawab,"  kata Artanto.

Salah satu upaya Artanto untuk meningkatkan hubungan dengan para wartawan adalah mengunjungi kantor PWI Balikpapan.

"Saya, selaku orang baru di sini wajib menjalin silaturahmi dengan wartawan karena rekan wartawan saya anggap sebagai mitra kerja," tuturnya.

Baca juga: Polda Kaltim berangkatkan 116 personil untuk pengamanan TPS di Kutim

Hubungan wartawan dengan bidang humas, lanjutnya, bersifat mutualisme atau saling membutuhkan yaitu memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat.

"Saya harap hubungan positif itu terjalin. Saya ingin terus berkomunikasi dengan rekan-rekan wartawan, baik di Balikpapan, maupun daerah lain di kaltim," katanya.

Artanto juga berjanji akan memberikan layanan terbaik dari Humas Polda Kaltim kepada para wartawan.

Kombes Pol Artanto mulai menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kaltim setelah serah terima jabatan (Sertijab) oleh Kapolda Kaltim Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Nanang Avianto di Gedung Mahakam Polda Kaltim pada awal Februari.

Sebelumnya, Artanto bertugas sebagai Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat ini, dia menggantikan Kombes Pol Yusuf Sutejo yang beralih tugas ke Analis Kebiajakan Penmas Divisi Humas Polri.

Sementara itu, Ketua PWI Balikpapan Debi menyambut positif program Kombes Pol Artanto untuk menjalin komunikasi lebih intensif dengan para pekerja media massa.

"Kami tentu butuh keterangan pihak kepolisian agar pemberitaan kami itu tidak menjadi bola liar di masyarakat," ujar Debi.

Baca juga: Kapolda Kaltim ingatkan anggotanya netralitas dalam pemilu 2024

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024