Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto mengingatkan kepada seluruh anggota kepolisian untuk netralitas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Semua personel yang bertugas di lapangan untuk tetap menjunjung netralitas dan menghindari pelanggaran apapun, jaga nama baik diri sendiri, keluarga dan terutama institusi Polri," kata Kapolda, saat apel Pergeseran Pasukan (Serpas) yang berlangsung di Lapangan M.Jasin Satbrimob Polda Kaltim,Senin (12/2)

Dia berpesan bila ada situasi yang negatif, harus segera ditangani dan selalu berkoordinasi dengan panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) wilayah setempat..

Apel Serpas yang digelar Polda Kaltim diikuti sebanyak 1.098 personil diantaranya 428 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk mengamankan TPS dan 670 personel BKO untuk menambah personil Polres-Polres di wilayah hukum Polda Kaltim.

"Kami mengingatkan semua personil yang bertugas untuk menjaga kesehatan sebagai prioritas utama agar pengamanan TPS dan penebalan personil bisa berjalan dengan baik dan optimal," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda melakukan pemeriksaan kesiapan anggota yang akan menjalankan tugas pengamanan Pemilu 2024. Kapolda juga berpesan kepada semua personil dalam pengamanan ini lebih mengutamakan sikap humanis.

 "Selamat bertugas, mari kita sukseskan pemilu 2024 yang damai dan tenang", ujar Kapolda.

Selain itu Satbrimob Polda Kaltim juga mengerahkan sebanyak satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari anggota Batalyon A yang juga merupakan bagian dari Satgas bersandi Operasi Mantap Brata 2024.

"Personel yang berjumlah ratusan orang itu terdiri dari satu SSK  yaitu satu Sub Detasemen Anti Anarkis dan PHH. Mereka dimobilisasi untuk menghadapi situasi kontijensi," ujar Kasatgas Tindak Operasi Mantap Brata Mahakam 2024 dan Danyon A Pelopor, Kompol Iwan Pamuji.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai menambahkan kepada semua anggota Brimob Polda Kaltim yang terlibat pengamanan Pemilu 2024 untuk 
mempersiapkan mental dan fisik dengan berlandaskan komitmen moral dan disiplin kerja.
 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024