Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk meningkatkan partisipasi dalam pesta demokrasi di Kutai Timur.

“Kami mengimbau masyarakat Kutim  jangan golput, mari datang ke TPS berikan suara dengan mencoblos sesuai hati nurani masing-masing,” ucap Kasmidi Bulang, di Sangatta, Selasa.

Ia mengungkapkan tingkat partisipasi masyarakat Kutim pada pemilu tahun 2019 lalu hanya mencapai 73,37 persen. Pemerintah Kabupaten Kutim menginginkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu 2024 ini.

Kasmidi menuturkan ada beberapa upaya yang terus dilakukan Pemkab Kutim dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Seperti melakukan edukasi ke masyarakat melalui forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) agar tidak golput.

Kemudian memasang billboard ajakan kepada masyarakat untuk datang ke TPS untuk mencoblos pada 14 Februari 2024.

Menurutnya tidak bisa dipungkiri, tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Kutai Timur pernah  terkecil di banding daerah lainnya. Mudah-mudahan dalam pemilu 2024 dapat lebih meningkat.

"Apalagi pada pemilu kali ini, lebih 50 persen di Kutim adalah pemilih muda. Para pemuda yang merupakan calon penerus bangsa, jadi harus berpartisipasi dari sekarang," katanya.

Dia berharap anak muda jangan antipati sama politik, mulai sekarang jangan ikut-ikutan mari sama-sama menentukan pilihan.

Kasmidi berpesan agar seluruh masyarakat Kutim untuk selalu menghargai perbedaan, pendapat dalam pemilu kali ini. Agar suasana kondusif dan damai di Kutim tetap terjaga dan tidak terpecah belah.
 

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024