Wali kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengungkapkan alasan menggunakan fasilitas halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome sebagai lapangan upacara pada perayaan HUT ke 127 Kota Balikpapan yang jatuh pada 10 Februari 2024.

"Dome itu fasilitas pemerintah, fasilitas kita sendiri, maka apa salahnya untuk kita gunakan," katanya seusai apel, Sabtu (10/2).

Sebelumnya, setiap penyelenggaraan upacara selalu menggunakan Lapangan Merdeka Balikpapan yang merupakan lapangan milik Pertamina.

Namun, sejak dilakukan renovasi dengan konsep lapangan yang lebih luas tanpa ada sekat maupun taman, halaman itu kini bertambah luas.

Pada 28 Agustus menjadi pembuka pergelaran upacara di halaman gedung yang terletak di Jalan Ruhui Rahayu, Kecamatan Balikpapan Selatan. Saat itu adalah apel peringatan hari Pramuka yang ke 62.

Sejak itulah, sejumlah apel atau kegiatan serupa digelar di BSCC Dome dan terus berlanjut hingga apel HUT Kota Balikpapan yang juga untuk pertama kalinya digelar disana.

Disamping itu kata Rahmad, apel yang digelar di BSCC Dome  juga bertujuan untuk meramaikan pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM)  yang ada di sekitar BSCC Dome.

"Di lapangan merdeka, UMKM di sana sudah berjalan. Nah di sini akan kita kembangkan supaya terjadi pemerataan.Jadi bukan hanya lapangan merdeka-sentris. Jadi harus dibagi," ucapnya.
 
Foto bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan seusai apel HUT Kota Balikpapan di BSCC Dome, Sabtu (10/2). (Antara Kaltim-H.O Pemkot Balikpapan)


Lanjutnya di BSCC Dome ini juga menjadi titik puncak kegiatan HUT ke 127 Kota Balikpapan yang akan digelar pada pekan ke 3 Februari ataupun awal Maret.

"Itu nanti agendanya pesta rakyat, kami gelar bertahap sebab bertepatan dengan agenda nasional yaitu Pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari 2024," ungkapnya.

Rahmad menuturkan agar tidak mengganggu jalannya pesta demokrasi agenda kota pun harus diatur sedemikian rupa.Tapi yang jelas nanti digelar di Dome, dan seterusnya banyak agenda yang juga di gelar di Dome.

Diakuinya dengan pemindahan agenda kegiatan di BSCC Dome, maka juga berimbas ke arus lalu lintas yang cukup lumayan untuk menuntaskan kemacetan.

"Jangan semata-mata arahnya ke Jalan Klandasan, nanti macet juga di sana, makanya kita pecah dan ini hasilnya arus lalu lintas menjadi agak lancar," ungkapnya.

Sementara itu, terkait Pemilu yang berdekatan dengan agenda HUT Kota, dia meminta warga tetap menjaga Kota Balikpapan agar tetap kondusif.

"Sejarah membuktikan bahwa setiap ada pemilu maupun pilkada Balikpapan selalu kondusif, sebab kondusif itu yang utama," ujar Rahmad. (Adv).

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024