Seluruh prajurit, PNS dan Persit Penerangan Kodam (Pendam) VI/Mulawarman melaksanakan ziarah dan menabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Penerangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat ke-73..

"Ziarah itu memiliki makna moral dengan tujuan untuk mengingat kembali, meneguhkan iman  terhadap para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya demi keutuhan negara Republik Indonesia," kata Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Krisyanto saat memimpin  ziarah.di Balikpapan, Jumat.

Ziarah itu juga untuk membangkitkan kembali semangat juang untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dan berjasa untuk bangsa dan negara.

Ia mengatakan sebelum melakukan ziarah, jajaran Pendam VI/Mulawarman melakukan aksi kemanusiaan berupa donor darah yang digelar di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Balikpapan.

"Donor darah ini merupakan rangkaian awal peringatan HUT Penerangan TNI Angkatan Darat ke-73..yang jatuh pada 13 Januari mendatang," ujarnya,

Krisyanto menyebutkan donor darah tersebut melibatkan seluruh personel prajurit dan PNS serta ibu persit Pendam VI/Mulawarman. 

"Kami menggelar donor darah ini sebagai wujud bentuk kepedulian terhadap sesama manusia, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi kemanusiaan," tutur Kapendam.

Di usianya yang ke 73 tahun, Kapendam berharap Penerangan TNI AD bisa semakin maju dan profesional sehingga dapat membantu tugas pokok TNI AD yang PRIMA sesuai dengan slogan TNI AD "PRIMA" yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif.

"Terlebih dalam tahun ini dalam menghadapi Pemilu 2024 sejalan dengan tema HUT ke-73 Penerangan TNI AD yaitu Penerangan TNI AD pengawal demokrasi, menyuarakan integritas, dan netralitas," tutupnya.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024