Kejaksaan Negeri (Kejari) Samarinda berhasil meraih enam penghargaan dari enam kategori yang dinilai oleh tim verifikasi untuk semua kejari di dua provinsi, yakni Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara).

"Kami bersyukur atas semua kategori yang berhasil kami borong ini. Penghargaan ini tentu hasil kerja tim yang solid atas kinerja sepanjang tahun 2023 lalu," kata Kepala Kejari Samarinda Firmansyah Subhan di Samarinda, Jumat.

Sebanyak enam kategori yang diboyong tersebut adalah Peringkat I kategori Kinerja Bidang Intelijen 2023, Peringkat I kategori Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif tentang Kejaksaan di Media Massa dan Media Sosial sepanjang 2023.

Kemudian Peringkat I kategori Dedikasi, Kerja Keras, Prestasi dan Kontribusi Pelaksanaan Program Restorative Justice dalam Membangun Keadilan dengan Mengedepankan Hati Nurani.

Ada pula Peringkat II kategori Satker dengan Kinerja Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran 2023, Peringkat II kategori Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, dan Peringkat II kategori Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi.

Firmansyah menjelaskan beberapa hal sehingga di lembaga tersebut yang banyak meraih prestasi, antara lain tentang restorative justice atau keadilan restoratif yang mendapat peringkat pertama, yakni sepanjang 2023 pihaknya berhasil melakukan 23 perkara keadilan restoratif.

Ia menjelaskan, keadilan restoratif merupakan proses menyelesaikan perkara tertentu yang dilakukan bersama-sama, yakni mulai tersangka, korban, keluarga korban, tokoh masyarakat setempat dan dimediasi oleh jaksa yang ditunjuk kejaksaan.

"Sebanyak 23 keadilan restoratif yang kami tangani sepanjang 2023 ini paling banyak adalah masalah penganiayaan, penipuan atau penggelapan, dan pencurian dengan nilai di bawah Rp2,5 juta. Namun masing-masing pihak berdamai dan mengembalikan nilai kerugian," katanya.

Untuk peringkat I kategori publikasi, hal ini juga mendapat penilaian tersendiri dari tim di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, yakni Kejari Samarinda mendapat nilai tertinggi dalam publikasi baik di media massa maupun media sosial.

"Sedangkan pada peringkat pertama kategori Kinerja Bidang Intelijen, ini karena Bidang Intelijen Kejari Samarinda paling cepat dalam membuat laporan, yakni laporan tentang berbagai situasi yang dihadapi maupun kejadian terkait tugas dan fungsi kejaksaan," kata Firman.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024