Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Samarinda memprakirakan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan sedang dengan peluang mencapai 90 persen sepanjang dasarian I Desember atau 1-10 Desember 2023.

“Secara umum wilayah Kaltim diprakirakan terjadi hujan pada kategori sedang antara 50 - 150 milimeter (mm) dengan peluang mencapai lebih dari 90 persen,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto BMKG Samarinda Riza Arian Noor di Samarinda, Sabtu.

Kecuali, lanjutnya, di wilayah Kabupaten Kutai Barat bagian utara dan Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan yang diprakirakan hujan kategori tinggi di kisaran 150 - 300 mm dengan peluang berkisar 60 persen hingga 80 persen.

Sedangkan prakiraan deterministik curah hujan dasarian I Desember 2023 di Kaltim, kata dia, secara umum bakal terjadi curah hujan dengan intensitas menengah berkisar 50 - 75 mm.

Baca juga: Kaltim 90 persen berpotensi hujan sedang pada dasarian III November

Kecuali untuk wilayah Kabupaten Kutai Barat bagian utara, Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan, Kabupaten Kutai Timur bagian barat, dan Kabupaten Kutai Kartanegara bagian utara. Kabupaten tersebut diprakirakan dapat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan kisar antara 150 - 200 mm.

Sementara itu, lanjut Riza, pada prakiraan deterministik sifat hujan dasarian I Desember 2023, Provinsi Kaltim diprakirakan didominasi dengan sifat hujan kategori normal hingga atas normal.

Kecuali untuk wilayah Kabupaten Kutai Timur bagian timur, Kota Bontang, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara bagian timur, dan sebagian kecil Kabupaten Paser bagian selatan yang diprakirakan mengalami sifat hujan kategori bawah normal.

Riza juga mengatakan berdasarkan hasil pemantauan Hari Tanpa Hujan (HTH) sepanjang dasarian III November 2023, Provinsi Kaltim pada umumnya masih mengalami hujan dan HTH, dengan wilayah yang mengalami HTH memiliki kriteria sangat pendek antara 1 - 5 hari.

Baca juga: 5 Kabupaten Kaltim diprakirakan hujan petir pada Selasa-Rabu

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023