Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) Surlailinda Agus Hari Kesuma mengaku telah memetik banyak ilmu dari keikutsertaan Seminar Nasional Dharma Wanita di Jakarta pada 16-17 November, terutama terkait pembangunan berkelanjutan. 

DWP Dispora Kaltim, menurutnya, memiliki peran strategis dalam pembangunan berkelanjutan, terutama terkait peningkatan kapasitas pemuda agar mandiri di berbagai bidang, baik kemandirian ekonomi maupun prestasi olahraga.

Surlailinda beserta jajaran DWP Dispora menghadiri Seminar Nasional Dharma Wanita Persatuan di The Tribrata Darmawangsa di Jakarta pada 16-17 November 2023.

DWP Dispora Kaltim akan mengeluarkan rumusan berbagai program untuk diimplementasikan sebagai wujud dan peran strategis perempuan dalam pembangunan. Rumusan itu akan menjadi komitmen Dharma Wanita Dispora.

“Kami sangat antusias dan memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan seminar itu, karena kegiatan itu menyegarkan kembali tentang peran dan fungsi DWP untuk membantu mewujudkan pemuda menjadi mandiri,” katanya.

Baca juga: Dharma Wanita Kaltim diharapkan jadi contoh bagi lingkungan sekitar

Dia juga mengatakan keberhasilan DWP Dispora Kaltim bukan hanya diukur dari kuantitas kegiatan yang dilakukan, tetapi dari kualitas program yang diberikan.

Seminar yang bertemakan "Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan" itu dibuka oleh Ketua Umum DWP Pusat Franka Makarim dengan membunyikan Angklung.

Selain DWP Dispora Provinsi Kaltim, kegiatan itu diikuti sekira 1.200 peserta dari berbagai unsur seperti kementerian, lembaga, dan dari provinsi hingga kabupaten/kota se-Indonesia.

Antusias dan semangat yang begitu besar hingga melebihi target peserta dalam seminar ini, menurut Ketua DWP Pusat Franks Makarin, merupakan cerminan dari program kerja hebat yang terlaksana di seluruh Indonesia.

"Apa yang kami berikan kepada anggota DWP seluruh Indonesia, bukan hanya diukur dari kualitas program yang kami berikan kepada mereka. Kami mengharapkan ibu-ibu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat sehingga dapat dibawa kembali ke DWP provinsi dan kabupaten maupun kota masing-masing,” ujarnya. ( Adv).

Baca juga: Dharma Wanita Miliki Peran Strategis dalam Pengembangan SDM

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023