Penyelenggaraan Gebyar UMKM di Kota Balikpapan 2023 yang berlangsung pada 15-19 November, terjadi transaksi cukup besar hingga mencapai Rp150 juta, sehingga para pelaku usaha kecil setempat turut memperoleh keuntungan.

"Semoga dengan penyelenggaraan Gebyar UMKM ini sekaligus menjadi dukungan gerakan cinta produk dalam negeri, agar UMKM kita terus berjaya di Kota Balikpapan, di Indonesia dan secara internasional," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Balikpapan Heruressandy Setia Kesuma di Balikpapan, Senin.

Heru mengatakan bahwa terdapat 15 stan dari 14 kelompok UMKM binaan sejumlah dinas terkait di Pemerintahan Kota Balikpapan, dari total 18 stan yang terdapat pada pameran itu.

Selain stan UMKM dan mitra kolaborator, terdapat pula layanan yang digelar untuk masyarakat, yaitu kepengurusan identitas kependudukan digital hingga layanan nomor induk berusaha (NIB).

Ini berarti masyarakat dan pelaku usaha yang datang maupun yang berjualan di gebyar UMKM ini mendapat keuntungan ganda, yakni selain untuk urusan belanja dan berusaha, juga bisa mengurus identitas kependudukan NIB di lokasi yang sama.

Kegiatan lain yang dilaksanakan di guat tersebut adalah seminar dari para narasumber dan praktisi UMKM dengan tema pemasaran digital, pembiayaan perbankan, plus kisah sukses UMKM dengan narasumber pelaku UMKM.

Ada pula sosialisasi pengadaan e-katalog, sosialisasi perizinan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bagi pelaku usaha di bidang makanan, termasuk sosialisasi produk pangan industri rumah tangga (PIRT), dan sertifikasi halal.

"Kami mengucapkan permohonan maaf selama penyelenggaraan kegiatan karena tentu masih terdapat kekurangan. Kami akan menjadikan kekurangan itu sebagai upaya perbaikan pada acara berikutnya," katanya.

Gebyar UMKM Balikpapan juga mendapatkan dukungan dari dinas-dinas di Kota Balikpapan seperti dinas perdagangan, dinas lingkungan hidup, dinas pendidikan dan kebudayaan, dinas pariwisata olahraga dan pemuda, dinas kependudukan dan pencatatan sipil, hingga kecamatan se- Kota Balikpapan.

“Untuk meramaikan acara, maka Gebyar UMKM 2023 ini juga diisi berbagai atraksi dan hiburan seperti kegiatan lomba mewarnai, lomba menari, serta adanya promosi untuk pembiayaan khusus. (Adv)

Baca juga: DKUMKMP Balikpapan gelar pelatihan manajerial bagi UMKM

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023