Kontingen paralimpiade Kota Balikpapan mengoleksi 106 medali emas, 72 perak dan 38 perunggu sekaligus menempati puncak perolehan sementara medali hingga hari keempat Pekan Paralimpiade Provinsi Kaltim 2023.

“Kami berharap dapat menjaring atlet-atlet yang berpotensi untuk ikut Peparnas 2024. Atlet yang terpilih akan ikut pemusatan latihan sekira enam bulan,” ujar Suharyanto, pada Minggu malam tentang kejuaraan olahraga di Kota Balikpapan, pada 15-20 November 2023 itu.

Kontingen Kutai Kartanegara menempati posisi kedua sementara pada ajang itu dengan perolehan 40 emas, 49 perak, dan 29 perunggu, diikuti kontingen Kota Samarinda pada posisi tiga sementara dengan 32 emas, 46 perak dan 21 perunggu.

Ketua National Paralympic Comitee Indonesia (NPCI) Kaltim Suharyanto menyebutkan paralimpiade Balikpapan mendominasi cabang para atletik, para-renang, angkat besi, menembak dan bulutangkis.

Baca juga: Wagub Kaltim janjikan bonus sama atlet peparnas dan PON

Suharyanto mengapresiasi antusiasme atlet-atlet paralimpiade yang berlaga pada Peparprov 2023 itu.

NPCI Kaltim berharap kontingen Benua Etam mampu naik peringkat pada capaian tahun depan dari peringkat sebelumnya yaitu 15.

Atlet-atlet paralimpiade Kaltim yang terpilih, menurutnya, juga tidak boleh berpuas diri karena akan mewakili provinsi dalam Peparnas 2024 di Medan.

“Karena kami akan gelar seleksi lagi. Kami akan melakukan pemusatan pelatihan selama enam bulan sebelum Peparnas,”ungkapnya.

Baca juga: Kontingen Kaltim siap berlaga di Peparpenas 2023 Palembang

Peparprov Kaltim IV tahun 2023 diikuti sembilan kontingen, yakni tuan rumah Balikpapan, kemudian Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, Paser, dan Berau.

Panitia Peparprov IV menyediakan 582 emas yang diperebutkan 486 atlet dari 13 cabang olahraga.
 
Tiga belas cabang olahraga itu antara lain bola Boccia dan goal ball, bulutangkis, angkat besi dan catur, atletik, renang, tenis meja,

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023